Misteri Keris Bisa Berdiri Sendiri Milik Warga Sumedang Terkuak, Ternyata Ini Rahasianya


INISUMEDANG.COMKeris bisa berdiri sendiri adalah fenomena yang sudah lama adanya. Ada beberapa sebab sebuah keris bisa berdiri pada ujung bilah maupun berdiri pada handle-nya. Sayangnya tidak banyak yang berkenan menjelaskan bagaimana bisa terjadi.

Banyak orang meyakini, jika sebagian keris di dunia ini memiliki ‘tuah’ atau energi atau daya di dalamnya. Karenanya, banyak pula yang menganggap keris sebagai benda sakti.

Beberapa hal dilakukan untuk menguji tuah atau daya keris. Salah satunya yang paling sederhana adalah membuat keris bisa berdiri tegak tanpa penyangga.

Eyang Tiow pemilik padepokan Kabandungan Cisasak Pajagan Cisitu mengatakan, fenomena sebenarnya keris yang bisa berdiri tegak bukanlah bukti bahwa keris ini mengandung daya sakti atau banyak orang yang menganggap keris itu memiliki penunggunya.

“Keris yang bisa berdiri, pada dasarnya merupakan sebuah seni kriya dan aplikasi ilmu pengetahuan, yaitu lebih kepada keseimbangan si keris tersebut,” kata Eyang Tiow.

Menurutnya, dengan berkembangnya pengetahuan dan teknologi, sudah banyak diproduksi dan sudah bukan hal langka lagi. Keris bisa berdiri pada ujungnya karena adanya keseimbangan detail desain bilah dan handle atau pegangannya.

“Salah satu rahasianya terletak di bagian ujung keris yang membentuk runcing bunga cengkeh. Sehingga keris menjadi mampu berdiri. Lebih kepada Keris “pertunjukan”, ini menunjukan bagimana caranya agar tidak boleh jatuh, terbentur, terbanting karena akan merusak sistem keseimbangan pada keris,” paparnya.

Namun, lanjut Eyang Tiow, tidak semua keris memiliki keseimbangan materi maupun arsitektur yang membuat keris bisa berdiri sendiri.

Ada Anggapan Keris Bisa Berdiri Sendiri Karena Campur Tangan Energi Supranatural

“Secara teknis keris mesti dirancang seimbang sebagai simbulisasi keseimbangan lahir dan batin. Jadi ketika kita melihat keris diberdirikan disamping Warangka, hendaknya kita jangan mudah heran karena ini hanyalah soal keseimbangan,,” ujarnya.

Meski demikian, sambung Eyang Tiow, ada pula beberapa bagian orang yg meyakini dan menganggapnya. Keris itu bisa berdiri karena ada campur tangan energi supranatural, sejatinya keris bukanlah senjata tajam seperti golok. Sebagian orang yg percaya mitos atau mistis bisa saja dianggap dan dipercaya sebagai TUAH.

“Tuah adalah semacam manfaat gaib, daya guna, data guna, tidak terlihat tetapi bisa dirasakan, yang tentu saja berasal dari SangHyang Maha Daya. Ini muncul dari ucap sabda Empu pembuat keris berdasar permintaan sang pemesan,” ucapnya.

Eyang Tiow menambahkan, nagi para praktisi supranatural, ada beberapa tuah yang diharap yaitu tuah kesaktian, kewibawaan ataupun kekuatan magic, yang sebenarnya dan sesungguhnya keris bisa berdiri pada dasarnya adalah keseimbangan.

“Ingat, hanya keseimbangan sehingga ada hubungannya dengan kekuatan magic ataupun kekuatan ghaib. Semua yang terjadi di muka bumi ini tak ada yang kuasa kecuali karena kehendak Allah SWT, LAAHAULA WALAA QUWWATA ILLAA BILLAAHIL ‘ALIYIL ‘ADHIIM, tiada daya dan upaya kecuali hanya kehendak Allah SWT semata,” tutur eyang Tiow sambil mempraktekan kerisnya berdiri Jumat 11 Maret 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published.