5 Misteri Gunung yang Belum Terpecahkan hingga Saat Ini


Oleh: Alifia Putri Yudanti dan Ikko Anata

KOMPAS.com – Gunung merupakan salah satu bentang alam di muka bumi yang memiliki segudang misteri. Dibalut dengan rimbunnya pepohonan dan lebatnya hutan rimba, membuat suasana di dalamnya semakin mencekam.

Di Indonesia sendiri, banyak gunung yang diyakini menyimpan misteri tersendiri. Sebut saja tragedi Sukhoi Superjet 100 di Gunung Salak. Pada saat itu, banyak yang meyakini bahwa tragedi ini ada hubungannya dengan hal-hal gaib.

Selain itu, ada gunung lain yang kerap menjadi tempat pembunuhan sadis, yaitu Gunung Tamalpais, California. Tragedi ini bahkan menewaskan sembilan korban wanita.

Kisah lengkapnya dapat didengar melalui audio drama siniar Tinggal Nama bertajuk “Gunung Tamalpais, Si Putri Tidur yang Meminta 9 Nyawa”.

Selain Gunung Tamalpais, ternyata masih banyak gunung-gunung lain yang turut menyimpan misteri. Lantas, apa saja misteri yang disimpan gunung-gunung itu?

1. Insiden Pass Dyatlov

Pada 1959, terjadi insiden di Dyatlov Pass, Siberia. Sembilan siswa muda Rusia yang sedang melakukan perjalanan untuk ski ditemukan tewas dengan keadaan misterius. Tak ditemukan tanda-tanda mencurigakan karena peralatan mereka ditemukan lengkap.

Mayat-mayat yang ditemukan pun saling berjarak ratusan meter. Anehnya, posisi para korban seperti menggali karena putus asa. Mereka juga mengalami luka yang mengerikan, seperti patah tulang dan kerusakan otak, tetapi tidak ada luka luar sama sekali.

Baca juga: Fakta Jane Toppan, Perawat Sadis Pembunuh 31 Pasiennya

Anehnya lagi, pakaian mereka mengandung tingkat radiasi yang lebih tinggi dari biasanya. Saat ditemukan, beberapa mayat ditemukan berpakaian lengkap dan sisanya hampir telanjang. Sementara itu, hanya satu mayat saja yang kehilangan lidah dan matanya.

Karena masih belum menemukan motif jelas, banyak orang yang mulai berspekulasi. Beberapa mengatakan bahwa hal ini ada hubungannya dengan lokasi fasilitas pengujian Soviet yang rahasia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.