5 Misteri Film The Batman yang Bikin Mati Penasaran


Meski mendapat berbagai pujian, The Batman masih menyisakan berbagai misteri yang bikin penasaran. Manakah pertanyaan yang bikin kamu penasaran?


*Spoiler Alert: Review film The Batman mengandung bocoran yang bisa saja mengganggu kamu yang belum menonton.

Setelah mengalami penundaan produksi beberapa kali imbas pandemi, film The Batman akhirnya resmi rilis pada sejumlah bioskop mulai awal Maret 2022. Film yang melibatkan Robert Pattinson sebagai pemeran utamanya ini mengisahkan tahun kedua Bruce Wayne sebagai sang Ksatria Kegelapan. Film garapan Matt Reeves ini pun mendapatkan respons yang sangat positif dari kritikus atau penonton umum.

Meski begitu, sebenarnya masih ada banyak plot hole alias pertanyaan yang belum terjawab dalam film The Batman. Hal ini tentunya membuat penonton bisa mati penasaran, apalagi mereka yang merupakan penggemar garis kerasnya DC. Makanya, deretan pertanyaan ini wajib terjawab seandainya ada film keduanya.

Penasaran apa saja misteri dari film The Batman yang belum terjawab? Langsung saja kamu simak pembahasan KINCIR berikut ini!

Plot hole misteri film The Batman

1. Siapakah pembunuh Thomas dan Martha Wayne?

Plot hole misteri film The Batman
Plot hole misteri film The Batman

Via

Istimewa

Seperti yang kita ketahui, orang tua Bruce Wayne, yaitu Thomas dan Martha Wayne tewas ketika Bruce masih berusia sangat kecil. Namun, identitas dari sosok yang membunuh kedua orang tuanya tak pernah terungkap bahkan sampai Bruce beraksi sebagai Batman. Nah, misteri pelaku pembunuh sebenarnya dari Thomas dan Martha Wayne pun sempat beberapa kali menjadi pembahasan dalam filmnya.

Dalam filmnya, Carmine Falcone mengatakan bahwa pembunuh kedua orang tua Bruce adalah Salvatore Maroni selaku rivalnya pada dunia mafia. Namun, Alfred Pennyworth selaku butler keluarga Wayne justru menganggap kalau Falcone punya campur tangan atas kematian Thomas dan Martha. Akan tetapi, Alfred juga tak terlalu yakin apakah Falcone benar-benar pelakunya.

Sampai akhir filmnya, Bruce Wayne tak mengetahui sama sekali pelaku pembunuhan dari kedua orang tuanya. Dalam versi komiknya, pembunuh Thomas dan Martha kerap berganti-ganti, tapi yang paling sering adalah Joe Chill yang merupakan perampok biasa. Namun, banyak yang menduga kalau pembunuh mereka dalam filmnya adalah Court of Cowls, organisasi kriminal yang berisi orang kaya Gotham.

2. Apakah Bruce Wayne menggunakan cairan Venom?

Plot hole misteri film The Batman
Plot hole misteri film The Batman

Via

Istimewa

Pada pertarungan terakhir filmnya, Bruce Wayne sempat tak berdaya setelah salah satu simpatisan Riddler menembaknya. Meski begitu, tak lama setelahnya Bruce kembali bangkit dan memukuli simpatisan Riddler yang menyerang Selina Kyle. Hal ini terjadi karena Bruce menyuntikkan sebuah cairan berwarna hijau ke tubuhnya.

Awalnya, banyak yang berpikir kalau cairan tersebut hanyalah obat adrenalin biasa yang bisa memacu otak dan fisik buat melakukan aktivitas kembali meski tubuh sudah dalam kondisi kelelahan. Namun, kini banyak yang menduga kalau cairan hijau tersebut adalah Venom. Buat kamu yang belum tahu, Venom adalah cairan atau obat yang dalam komiknya membuat Bane menjadi punya kekuatan luar biasa.

Faktor yang membuat orang berpikir kalau cairan itu adalah Venom adalah tindakan Bruce setelah itu yang jadi lebih brutal dan nyaris membuat seorang simpatisan Riddler tewas. Hal ini tentunya mirip dengan Bane yang juga bertindak lebih brutal akibat cairan Venom. Menariknya lagi, Bane kabarnya memang akan menjadi villain utama dalam sekuel film The Batman mendatang.

3. Apakah Dory mengetahui identitas rahasia Bruce Wayne?

Plot hole misteri film The Batman
Plot hole misteri film The Batman

Via

Istimewa

Pada setiap penampilannya dalam sejumlah film, Bruce Wayne selalu memiliki butler atau pelayan setia yang bernama Alfred Pennyworth. Namun, dalam film The Batman, Bruce Wayne punya satu pelayan lagi selain Alfred, yaitu seorang perempuan yang sudah cukup tua bernama Dory.

Hal ini pun menimbulkan pertanyaan terkait apakah Dory juga mengetahui identitas Bruce Wayne sebagai Batman layaknya Alfred. Apalagi, Bruce, Alfred, dan juga Dory tinggal dalam satu rumah yang sama. Jadi, rasanya Dory seharusnya mengetahui kegiatan majikannya yang suka menghilang pada malam hari.

Namun, jika mengacu pada adegan ketika Alfred menjadi korban ledakan “hadiah”-nya Riddler, kemungkinan besar Dory tak tahu rahasianya Bruce. Sebab, Dory mengatakan bahwa dia sempat menelepon Bruce terkait kondisinya Alfred. Namun, mengingat Bruce saat itu sedang beraksi sebagai Batman, telepon Dory jadi tak sampai karena sang pelayan tak tahu identitas rahasianya Bruce.

4. Bagaimana kelanjutan nasib Penguin?

Plot hole misteri film The Batman
Plot hole misteri film The Batman

Via

Istimewa

Dalam film ini, The Penguin belum menjadi kriminal kelas kakapnya Gotham seperti yang kita ketahui dalam versi komiknya. Hal ini karena karakter dengan nama asli Oswald Cobblepot tersebut masih berstatus sebagai bawahannya Carmine Falcone. Namun, setelah Falcone tewas akibat ulahnya Riddler, Penguin kini kemungkinan menjadi nasib yang berbeda dalam kelanjutan filmnya.

Hal ini karena kemungkinan besar Penguin kini menggantikan Falcone sebagai bos mafianya Gotham sehingga menguasai berbagai operasi kriminal pada kota tersebut. Tentunya, ini akan menjadi titik awal dari lahirnya sosok Penguin seperti yang kita ketahui dalam komiknya. Kemungkinan besar, perjalanan Penguin sebagai bos mafia Gotham baru akan terungkap lewat serial solonya yang akan tayang di HBO Max.

5. Apakah Batman sudah berhadapan dengan Joker sebelumnya?

Via

Istimewa

Pada bagian akhir filmnya, kita bisa melihat momen Riddler yang sedang berada dalam penjara Arkham. Menariknya, di sebelah sel milik Riddler terdapat narapidana misterius yang mengobrol dengannya dan kemudian mengeluarkan suara tertawa yang terdengar sangat khas. Yap, narapidana tersebut adalah Joker yang melibatkan aktor Barry Keoghan sebagai pemerannya.

Kini, yang menjadi pertanyaan tentu adalah apakah Batman-nya Pattinson sebelumnya sudah berhadapan dengan Joker versi Keoghan sebelum sang villain masuk penjara. Apalagi, latar waktu pada filmnya adalah tahun kedua Bruce beraksi sebagai sang Ksatria Kegelapan. Jadi, bisa jadi Joker adalah sosok yang menjadi musuh Bruce dalam tahun pertamanya sebagai sang superhero.

Matt Reeves pun mengonfirmasi bahwa Joker dalam filmnya sudah memiliki hubungan dengan Batman. Meski begitu, Reeves mengatakan bahwa dalam film ini Joker belum sepenuhnya menjadi Joker. Hal ini menimbulkan spekulasi kalau “hubungan” yang Reeves maksud adalah Joker merupakan sosok yang membunuh kedua orang tuanya Bruce.

***

Nah, itulah sejumlah misteri yang ada dalam film The Batman. Dari sejumlah pertanyaan tersebut, manakah yang paling bikin kamu penasaran? Share pendapat kamu dan ikuti terus KINCIR untuk artikel menarik lainnya, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.