3. Mencari tambahan uang untuk mengganti dana lebih yang terpakai

Jika saat liburan ada dan yang terpaksa kamu ambil dari tabungan, ada baiknya kamu mengganti sejumlah uang yang kamu pakai tersebut. Kamu bisa memperoleh tambahan uang dengan berjualan barang atau jasa. Atau kamu juga bisa ikut perlombaan yang sesuai minat dan bakatmu. Berusahalah dengan maksimal, lumayan banget, kan kalau kamu bisa keluar sebagai pemenang? Walaupun hadiahnya adalah barang yang mungkin tidak kamu inginkan dan kamu butuhkan, bisa kamu jual lagi nantinya.

4. Sehatkan kondisi keuangan dengan tidak mengutak-atik tabungan lagi

Kamu sudah melakukan kesalahan dengan melakukan kebocoran dana yang dengan sengaja kamu lakukan sendiri. Kamu tidak punya alasan lagi untuk mengutak-atik tabungan kamu. Berhenti melakukan pemakluman yang berlebihan pada sikapmu yang boros dan membahayakan kondisi keuanganmu.

5. Konsisten untuk nominal biaya harian

Hitung sisa dana yang masih ada untuk sampai akhir bulan. Bagi jumlah tersebut dalam nominal yang sama rata setiap harinya. Nominal tersebut adalah batas maksimal yang bisa kamu gunakan dalam satu hari. Tidak perlu banyak dalih lagi untuk melanggar jumlah yang telah kamu tetapkan. Bahkan bila perlu pemakaiannya berada di bawah batas nominal tersebut sehingga masih ada sisa yang bisa kamu simpan lagi. (AR)