Sering kali meski sudah membuat anggaran khusus untuk liburan, bisa saja ada kebocoran yang membuat anggaran lain jadi terganggu. Sehatkan kembali kondisi keuangan kamu dengan cara ini.

Liburan tentu butuh biaya yang tidak sedikit. Apalagi jika kamu menghabiskan sebagian besar waktu liburanmu di luar rumah. Mulai dari liburan ke luar negeri, ke luar kota, hingga sesederhana berlibur dengan wisata belanja dan wisata kuliner di dalam kota. Terkadang, meski sudah dianggarkan, ada saja kebocoran dana yang kamu buat sendiri. Berikut ini 5 trik menyehatkan kembali kondisi keuangan setelah liburan yang bisa kamu lakukan.

1. Mengurangi budget senang-senang

Liburan adalah momen kamu menghibur diri. Setelah kembali dari liburan, kamu tidak perlu lagi banyak mengeluarkan uang hanya untuk senang-senang. Misalnya, apakah akhir pekan ini kamu perlu minum kopi di kafe lagi? Atau kamu pergi ke mall dan belanja lagi? Jika kamu baru saja berlibur, hal-hal ini tidak perlu kamu lakukan lagi. Karena itu puaskanlah dirimu secara maksimal saat liburan, agar setelah kembali dari berlibur kamu tidak lagi merasa kurang hiburan.

2. Menunda membeli barang yang diinginkan hingga tiba waktu gajian

Membeli barang yang diinginkan itu tentunya boleh-boleh saja untuk menyenangkan hati. Akan tetapi, kalau kamu sudah banyak belanja saat liburan, lebih baik setelah pulang ke rumah, kamu tidak perlu lagi banyak belanja. Keinginan itu bisa ditunda. Berbeda dengan kebutuhan. Karena bisa ditunda, berarti kamu tidak perlu membelinya saat ini juga. Ketika nanti kamu sudah gajian lagi, barulah kamu beli barang yang kamu inginkan itu.

Next: Mengganti dana yang terpakai