Jangan pernah lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang membantu kelancaran bisnismu.

Terima kasih, kata itu meski sederhana, bisa memberikan dampak besar bagi bisnismu. Dalam bekerja, kita selalu disibukkan dengan kegiatan yang harus segera diselesaikan tepat waktu. Terlebih lagi sebagai pemilik  usaha yang harus mengurus bisnisnya. Setiap langkah dan perkembangan dari bisnis yang kita jalankan adalah hasil kerja keras karyawan, pelanggan dan mitra yang bekerja sama dengan kita. Karena itu, penting bagi kita untuk memiliki rasa bersyukur ketika menjalani usaha dan bisnis.

Sesibuk apa pun kamu, jangan pernah mengabaikan rasa bersyukur dan terima kasih. Mengungkapkan rasa bersyukur kepada orang lain yang telah membantumu merupakan hal yang penting untuk menjaga hubungan. Pada akhirnya hubungan baik yang terus terjalin dapat memberikan pengaruh besar untuk perkembangan bisnismu juga. Berikut ini cara yang bisa kamu lakukan untuk mengungkapkan terima kasih pada pihak-pihak yang membantu bisnismu.

1. Hargai peran karyawan

Usahakan untuk tidak pernah lupa mengucapkan terima kasih kepada karyawan. Karena merekalah pekerjaan kita bisa menjadi lebih mudah. Tanpa karyawan, bisnismu tidak akan berkembang. Pujian yang diberikan oleh pemilik bisnis juga bisa dijadikan motivasi oleh karyawan untuk bekerja lebih baik lagi ke depannya.

2. Ungkapkan rasa hormat kepada pelanggan

Selain karyawan, pelanggan juga memiliki peran yang amat penting dalam keberlangsungan bisnis kita. Kepuasan dari pelanggan adalah hal yang harus selalu diperhatikan ketika menjalankan sebuah bisnis. Pelangganlah yang membuat bisnismu bisa tetap ada. Seorang pemilik usaha sebaiknya tidak hanya terfokus pada keuntungan bisnis, tetapi juga harus memikirkan kepuasan dan kebutuhan pelanggannya.

3. Jalin hubungan baik dengan mitra bisnis

Siapa pun yang menjadi mitra bisnismu, cobalah untuk selalu menjalin hubungan yang baik dengan mereka. Meskipun ketika project atau kerja sama kalian telah selesai. Dengan menunjukkan rasa terima kasih kepada mereka, akan membuat mereka merasa jadi bagian dari tim. Jaga koneksi agar tidak terputus, karena bisa saja di kemudian hari kita sewaktu-waktu membutuhkan bantuan mereka dalam bisnis kita.

Mengungkapkan rasa terima kasih, bisa kamu lakukan dalam kegiatan sehari-hari. Tidak harus dalam kegiatan besar, tapi juga libatkan rasa syukur dalam setiap hal sederhana yang terjadi. Dengan membiasakannya, kamu akan mendapatkan efek positif yang besar bagi bisnismu. (LA/AR)

Sumber: inc-asean