Saat ini, sudah banyak media sosial yang dapat digunakan untuk memperkenalkan bisnis online yang kamu bangun. Lalu, apa perlu lagi untuk melakukan kegiatan offline dari bisnismu? Ataukah diperlukan integrasi dari keduanya? Simak ulasannya.

Kepercayaan dari para customer merupakan salah satu kunci utama tercapainya kesuksesan pada sebuah bisnis.  Adanya kepercayaan tersebut, dapat dibangun dari reputasi dan kinerja yang baik pula. Terlebih, saat membangun bisnis berbasis online yang sedang marak saat ini.

Setiap pendiri bisnis online memiliki cara dan kiat tersendiri untuk membangun kepercayaan dari para pelanggannya. Seperti halnya yang dilakukan Co-Fonder HuntStreet.com, Sabrina Joseph dan Managing Director of Love Bonito Indonesia, Bianca Belnadia.

Menurut Sabrina, berbelanja dengan nilai uang puluhan atau ratusan juta melalui website itu bukan sesuatu yang umum di Indonesia, termasuk di ibukota Jakarta. Sedangkan Huntstreet merupakan online marketplace yang menjual berbagai jenis luxury fashion dengan harga yang terbilang cukup tinggi. Hal ini tentu memberi tantangan tersendiri.

Sabrina Joseph, Co-Founder Huntstreet.com (Via https://www.instagram.com/sabjoseph/)
Sabrina Joseph, Co-Founder Huntstreet.com (Via https://www.instagram.com/sabjoseph/)

Karena itu, Sabrina mencoba untuk memaksimalkan kinerja team dan customer service agar dapat melayani semua kebutuhan pelanggannya. Ia pun mengaku beruntung, dengan kegiatan secara online yang dilakukan cukup mampu mempopulerkan brand-nya.

Namun untuk lebih memperluas popularitas serta meraih kepercayaan pelanggan, kegiatan offline tetap diperlukan untuk men-support pengenalan dan segala transaksi online.

“Terutama untuk pasar perempuan di kelas atas, pada umumnya mereka tetap ingin ada pengalaman secara offline. Mereka ingin merasakan, menyentuh dan melihat untuk meyakinkan sebelum melakukan transaksi,” jelas Sabrina.

Memahami itu, Sabrina dengan Huntstreet-nya  sempat melalukan pop-up event di beberapa tempat dan juga kegiatan semacam roadshow dari kota ke kota. Bukan saja itu, untuk menjaga kepuasan para customernya, Huntstreet juga membuka VIP showroom dengan kunjungan sesuai perjanjian. Pilihan untuk mengintegrasikan kegiatan online dan offline ternyata terbukti cukup efektif.

“Para pelanggan benar-benar melihat dan meyakini apa yang dikatakan customer service ataupun keterangan detil pada website itu tidak bohong,” ungkap Sabrina.

Baca halaman selanjutnya: Bianca Belnadia integrasikan dengan kegiatan offline…