Utang Jelek: Kartu Kredit

utang jelek

Utang jelek adalah utang yang digunakan untuk membeli barang yang nilainya bisa menurun. Salah satu utang jelek adalah utang kartu kredit. Mengapa? Karena kartu kredit punya bahaya yang membuat kamu hidup di luar batas kemampuan. Apalagi jika mindset yang ada di kepalamu bahwa kartu kredit adalah dana tambahan yang selalu siap sedia membantumu saat kamu tidak punya uang. Padahal, uang tersebut bukanlah milikmu dan harus kamu kembalikan, beserta bunganya.

Kartu kredit memang punya manfaat, asalkan kita menggunakannya sesuai porsinya. Kartu kredit bukanlah ATM yang menyediakan uang tambahan. Kalau sudah tidak ada saldo di ATM, kita pasti terpaksa untuk tidak belanja apa-apa. Sementara demi membiayai gaya hidup yang tinggi, orang yang sudah tidak punya uang tapi punya kartu kredit bisa saja tetap belanja barang-barang yang tidak dia butuhkan.

Jika kamu sudah punya dana lebih, segera lunasi utang jelek yang kamu punya. Dan jika kamu sudah punya satu kartu kredit, jangan pernah tergiur untuk punya kartu kredit lainnya lagi. (AR)