Saat melamun di kamar mandi, ide kreatif sering melintas begitu saja. Kenapa, ya?

Scott Barry Kaufman, psikolog dan juga penulis buku Wired to Create: Unraveling the Mysteries of the Creative Mind (2015) melakukan penelitian yang yang menyoroti tentang pentingnya relaksasi untuk menghasilkan pemikiran yang kreatif. Hasilnya terungkap bahwa 72% orang mendapatkan ide kreatif ketika mandi.

“Pikiran kita dapat berkeliaran bebas ketika kita bersantai di kamar mandi. Otak kita menjadi lebih terbuka akan  arus ide yang mengalir dalam kesadaran batin dan lamunan,” ujarnya.

Hitsssters pernah merasakan momen kreatif di kamar mandi? Berikut ini penjelasan ilmiahnya mengapa ide kreatif sering muncul di kamar mandi.

Dalam lamunan dan kesendiran, kita bisa mengkonfigurasi ulang otak

Lebih lanjut menurut Kaufman, mengapa kita lebih kreatif di kamar mandi adalah karena ketika berada di kamar mandi adalah saat di mana seseorang punya ruang dan waktu untuk menikmati kesendirian. Ketika kita tidak terganggu dengan kebisingan dunia luar, ini memungkinkan untuk mengkonfigurasi ulang otak kita.

Dalam keheningan itu seseorang bisa terhubung dengan dirinya sendiri lebih intim. Sehingga bisa memahami tubuh, perasaan dan pikiran diri sendiri lebih dalam. Ini membantumu untuk membuat koneksi dengan dunia eksternal. Karena kreativitas terletak pada hubungan antara ruang batin dan dunia luar.

 

Dopamin yang dilepaskan saat santai dapat memunculkan ide hebat

Alice Flaherty, Associate Professor of Neurology di Harvard Medical School mengatakan bahwa salah satu komposisi yang penting untuk membuat kita lebih kreatif adalah dopamin. Ketika dopamin ini dilepaskan kita bisa terdorong untuk lebih kreatif. Meningkatnya aliran dopamin ini bisa dipicu dengan banyak hal, termasuk mandi dengan air hangat atau berolahraga.

Next: Kamar mandi sebagai “inkubator” ide