Lewat platform video online, seperti YouTube, kita bisa menonton berbagai video menarik, apapun yang kita mau. Tapi mengapa kita hanya jadi penonton, kalau sebenarnya kita juga bisa hasilkan pundi-pundi uang dari sana?

Di era digital seperti saat ini, sesungguhnya uang dapat mudah mengalir ke kocek kita, asalkan memiliki inovasi dan kreativitas tinggi. Salah satunya yang kini populer adalah dengan memanfaatkan platform video online, seperti YouTube.

Saat ini, YouTube sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. Hampir semua orang menjadikan YouTube, sebagai salah satu sarana hiburan sekaligus informasi menarik.

Meski begitu pernahkah kamu terpikir untuk menjadikan YouTube sebagai salah satu sumber penghasilan? Mungkin sudah bukan rahasia lagi, jika banyak cerita sukses dari orang-orang yang mampu menghasilkan lembaran rupiah melalui saluran YouTube.

Sebut saja salah satunya Bayu Eko Moektito. Lelaki asal Malang ini sudah sejak 2010 mengunggah video ke YouTube, dengan nama saluran Bayu Skak. Nama Bayu diambil dari namanya sendiri, sedangkan Skak adalah singkatan dari Sekumpulan Arek Kesel.

Dok. youtube
Dok. Bayu Skak

Bayu biasanya mengunggah video terbarunya satu minggu sekali, yakni tiap hari Sabtu. Jadi untuk pembuatan video, rata-rata waktu yang diperlukan lebih kurang seminggu.

Hingga kini, Bayu telah berhasil memiliki lebih dari 300 ribu pelanggan dan 33 juta penonton di saluran YouTube-nya. Dari sana, Bayu Skak bisa menghasilkan jutaan rupiah, belum lagi bonus ketenaran atau julukan YouTuber atau ‘selebriti online‘ yang diraihnya.

Kisah sukses lainnya diraih oleh Lastday Productionyang dibuat oleh Leon Zhe Young (Guntur) dan Listia Magdalena (Paopao). Kolaborasi dua anak muda ini dimulai pada Maret 2014, dengan menciptakan sketsa komedi dan film pendek.

Kurang dari satu tahun, saluran Lastday Production sudah memiliki lebih dari 300 ribu subscriber dan 53 juta penonton. Setiap bulannya, uang jutaan rupiah dipastikan masuk ke kocek Lastday Production yang kini beranggotakan 11 orang.

Dok. youtube
Dok. Last Day Production

Namun yang perlu digarisbawahi, untuk mewujudkan itu semua tidak mudah. Yang pasti tentunya, dibutuhkan kekuatan ide serta kreativitas tinggi. Lebih jauh tentang langkah-langkah yang perlu kamu lakukan, simak rangkuman Hitsss berikut ini.

Baca halaman selanjutnya: Pilih tema video yang unik, orisinil dan mampu memikat penonton…