Jangan membuat akun LinkedIn-mu jadi seperti resume digital. Buatlah semenarik mungkin agar kamu terlihat profesional.

Jika kamu hanya menyalin CV ke dalam LinkedIn, kamu akan kurang efektif dalam membangun personal brand yang mempengaruhi koneksimu dalam mendapatkan peluang kerja dan bisnis. Kini, LinkedIn sudah menjadi salah satu platform jejaring profesional yang paling banyak digunakan di dunia, dengan 450 juta anggota yang tergabung di dalamnya. Terlepas koneksi apa yang ingin kamu bangun, kamu harus bisa memanfaatkan platform LinkedIn dengan cerdas.

Berikut ini 3 cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan profil profesional kamu di LinkedIn.

Ceritakan cerita dari karier kamu, bukan sekadar riwayat pekerjaan

Daripada menyalin resume ke dalam LinkedIn, lebih baik isi bagian pengalaman untuk menceritakan kisah karier kamu. Tambahkan konteks tambahan agar orang dapat memahami perkembangan karier kamu serta jelaskan juga, apa yang telah kamu kerjakan dan pelajari sepanjang proses perkembangan itu. Dengan membuatnya menjadi sebuah “cerita”, orang akan lebih mudah memahami tentang siapa dirimu dan apa yang menjadi keahlianmu.

Angkat personal brand kamu

Buat ringkasan profil yang menampilkan kepribadian kamu. Mulai dari keterampilan yang kamu bisa, pengalaman, prestasi, pendidikan, serta apa yang menginspirasimu. Buat orang tertarik padamu berdasarkan apa yang telah kamu lakukan dan keunikan yang ada dalam diri kamu. Jangan lupa untuk menuliskan proyek-proyek apa yang telah kamu sukseskan. Ini akan meningkatkan kredibilitas kamu dan membuatmu lebih dipercaya. LinkedIn adalah tempat di mana kamu boleh memamerkan keahlianmu secara profesional.

Bagikan wawasan dan tunjukkan kebijaksanaanmu

Setiap orang tentu memiliki pengetahuan yang bisa dibagikan kepada orang lain. Kamu bisa menulis artikel yang bermanfaat dan membagikannya di LinkedIn untuk dibaca oleh orang-orang yang terkoneksi denganmu. Buatlah tulisan yang informal dan bagikan perspektifmu. Pendapat personal berupa argumen yang kuat akan membuat pembaca mengingatmu berdasarkan pemikiran yang telah kamu tuliskan. Ingatlah bahwa orang-orang yang berpengaruh di dunia ini tidak menimbun informasi bermanfaat hanya untuk dirinya sendiri, mereka membagikannya pada orang lain. (AR)

Sumber: inc-asean