Via Adiyasa/hitsss.com
Dok. Adiyasa Prahenda / Hitsss.com

Pentingnya harmoni dalam teamwork

Reno menekankan, pentingnya memerhatikan hubungan yang harmonis dalam teamwork. Mengapa? Sebab dalam tim, ada pertemuan beberapa orang dengan karakter berbeda.

“Teamwork sangat penting karena hubungan dalam kelompok sangat rumit. Dan pastinya membutuhkan pengertian satu sama lainnya,” kata Reno.

Selain itu, ada lagi hal yang harus diperhatikan, dan bila diabaikan akan berisiko merusak hubungan, yakni membiarkan hal-hal negatif terlalu lama terjadi. Ini biasanya terjadi saat startup sudah berkembang, dan mulai diterpa aneka masalah.

Jika hal negatif itu lama dibiarkan, maka harmoni hubungan dalam kelompok akan terancam.

“Faktor-faktor yang menghancurkan teamwork startup biasanya adalah tak punya modal berkelanjutan, permintaan produk atau jasa tak meningkat, dan tak cocok antar anggota tim, dan kalau ini tak ada solusinya, akan berpengaruh pada tim,” tukas Reno.

Tim Vs grup, arti sama tetapi beda karakter

Menurut Reno, grup dan tim sebenarnya memiliki makna sama. Namun karakter dan tujuan mereka sesungguhnya berbeda.

“Grup itu suka membagikan informasi soal anggotanya. Berbeda dengan tim, yang informasinya diberikan kolektif. Sinergi untuk grup juga bersifat netral, sementara tim lebih positif. Sedangkan akuntabilitas sebuah grup cenderung lebih individual, ketimbang tim yang mutual,” jelas Reno.

Dengan demikian, dalam membentuk grup maupun tim, harus memiliki tujuan utama yang ingin dicapai bersama. Kalau belum memiliki, pastikan untuk merumuskannya secara matang bersama-sama.

Baca halaman selanjutnya: Hati-hati munculnya konflik…