Mengangkat tema ecommerce, CEO OLX Indonesia, Daniel Tumiwa, menjelaskan dapur ecommerce di Indonesia, termasuk juga perjalanan bisnis marketplace OLX, dalam ajang Meetup Startup Lokal Vol. 70.

Membahas soal kehidupan bisnis komersial digital, tentunya tidak asing lagi bagi sosok Daniel Tumiwa, CEO OLX Indonesia. Pernah menjabat sebagai ketua iDEA, sebuah asosiasi yang mewadahi perkumpulan ecommerce di Indonesia, membuat ia tahu seluk-beluk bisnis yang bisa dibilang tengah naik potensinya ini.

Daniel juga memimpin marketplace, yang dikenal dengan jual-beli barang bekas, yaitu OLX Indonesia, yang merupakan marketplace gabungan dari Tokobagus dan Berniaga. Pada ajang Meetup Startup Lokal Vol. 70, yang digelar oleh komunitas Startup Lokal beberapa waktu lalu, tepatnya pada 27 Oktober 2016 bertempat di Menara Multimedia Telkom, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Daniel menjelaskan betapa uniknya perilaku konsumen di Indonesia, serta aneka dinamika di balik bisnis ecommerce.

Banyak jenis ecommerce di Indonesia

Dengan bentuknya seperti kepulauan, membuat Indonesia memiliki beragam bentuk bisnis, termasuk juga ecommerce yang bentuk bisnisnya beragam. Sehingga, bisa dibagi menjadi empat jenis.

“Dalam ecommerce di Indonesia, terdapat empat model yaitu iklan baris, e-tail/hybrid, marketplace dan daily deals. Keempat model ini sendiri banyak hadir di Indonesia dan terus berkembang,” ujar Daniel.

Seperti model ecommerce iklan baris, bisnis seperti ini hanya memberikan perantara antara penjual dan pembeli. Hal-hal detail seperti pembayaran hingga kontak dengan penjual, tidak melalui penyedia jasa iklan. Sedangkan untuk e-tail, mulai dari penyediaan barang sampai pembayaran, semua ditanggung oleh ecommerce tersebut.

Yang booming saat ini bisa dibilang adalah marketplace, atau toko virtual. Persaingan ecommerce saat ini banyak berfokus pada jenis ini. Tentunya, kita semua kenal dengan Tokopedia atau Bukalapak, yang mana mereka bersaing dalam ecommerce marketplace. Dan terakhir adalah daily deals, yang dulu juga sempat booming di Indonesia.

Baca halaman selanjutnya: Marketplace juga bisa mendunia…