Platform ecommerce MarketPlays.id hadirkan MakersMarket 2016, pameran dan workshop produk-produk buatan tangan Indonesiayang diharapkan bisa meningkatkan eksistensi brand lokal dan perekonomian negeri.

Sejak masuknya teknologi dan media baru seperti ecommmerce ke pasar jual beli di Indonesia, ada banyak brand lokal yang namanya melejit dan berkiprah dalam persaingan gigih di pasar internasional.

Layaknya dugaan para ahli pemasaran Indonesia, momen kebangkitan brand lokal ini memberikan pengaruh bisnis yang cukup besar pada generasi millennial untuk mengembangkan bisnis kreatif dalam bentuk startup.

MarketPlays (www.MarketPlays.id) merupakan salah satu ecommerce startup yang berdiri sejak Juni 2015 lalu, dan berfokus menawarkan area bermain digital bagi para pencinta produk kreatif modern dan gaya hidup di Indonesia, khususnya produk kulit dan buatan tangan atau handmade.

Sudah ada lebih dari 200 brand lokal Indonesia dengan 700 produk yang disediakan pada online platform ini. MarketPlays sendiri memiliki tujuan utama untuk mengembangkan dan mengapresiasi brand lokal Indonesia, yang ke depannya akan berkembang ke produk-produk berbahan dasar denim, batik, natural dye, sampai kerajinan kayu.

Salah satu Founder MarketPlays, Ivan John, menjelaskan, “Beberapa di antara tenant yang bergabung di MarketPlays sebenarnya sudah memperjualbelikan produknya secara global, namun masih memiliki kesulitan dalam sistem pembayaran dan logistik,” kata Ivan, dalam siaran persnya yang diterima Hitsss.

Dari masalah tersebut, akhirnya timbul solusi yang dihardirkan oleh MarketPlays, agar brand lokal dapat berkembang. Tanpa memikirkan permasalahan pembayaran dan logistik, serta meningkatkan penjualan lewat situs MarketPlays.

Edukasi masyarakat dan memanjakan komunitas pencinta produk-produk kreatif modern Indonesia juga menjadi salah satu misi MarketPlays, yang direalisasikan melalui berbagai workshop kecil, gathering serta exhibition dan bazaar.

MarketPlays bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf), untuk menggelar acara bertajuk MakersMarket 2016, yaitu pop-up bazaar memamerkan hasil kreatifitas brand lokal Indonesia.

Baca halaman selanjutnya: Pameran dan workshop langsung…