Ternyata cara mudah untuk meningkatkan produktivitas bisa kamu lakukan dengan main video game!

Video game telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat khususnya anak muda saat ini. Cukup buka ponsel kamu sudah bisa menikmati permain Candy Crush, Farmville, atau Clash of Clans atau yang tengah populer yakni AOV dan Mobile Legend. Aktivitas bermain video game biasanya dilakukan untuk sekadar mengisi waktu luang dan tampaknya bukan aktivitas yang produktif.

Akan tetapi, Human Factors and Ergonomics Society mengatakan bahwa bermain video game dapat membantu kamu mengatasi stres. Dan pengentasan stres memainkan peran penting dalam produktivitas. Terutama jika pekerjaanmu berkaitan dengan konsekuensi besar jika melakukan kesalahan-kesalahan kecil yang bisa membuatmu rentan stres.

Michael Rupp, seorang mahasiswa doktoral di University of Central Florida dan rekan-rekannya mengetes kelelahan mental pada 66 peserta. Para peserta kemudian diberi istirahat selama 5 menit. Beberapa diperintahkan untuk memainkan video game (Sushi Cat). Beberapa lainnya melakukan relaksasi dan sisanya hanya duduk diam di ruang pengujian tanpa telepon atau komputer.

Para peneliti menemukan bahwa mereka yang bermain video game merasa lebih baik setelah istirahat. Pada dasarnya, beristirahat dari tugas yang sulit, kemudian bersantai beberapa menit dengan bermain video game dapat membantu mengatur ulang pikiran lelah kamu.

Menurut Rupp, stres lebih dikarenakan orang-orang sering menghabiskan hari demi hari untuk menyelesaikan banyak pekerjaan. Mereka hampir tidak bisa meluangkan waktu untuk diri sendiri walaupun hanya beberapa menit. Sedangkan, dengan beristirahat sejenak untuk meluangkan waktu dengan kegiatan mennarik seperti bermain video game dapat membantu mereka mengisi kembali tenaga.

Next: Meningkatkan Kemampuan Multitasking