Sebagai startup forum dan tempat Jual – Beli online pertama di Indonesia, Kaskus di usia 18 melakukan sejumlah inovasi agar tetap eksis di industri digital.

Dengan usia yang menginjak hampir dua dekade. Rasanya, startup pertama di Indonesia ini banyak sekali mengeluarkan inovasi demi inovasi yang selalu diperbarui. Dengan jumlah 30 juta pengunjung dan 10 juta member membuat Kaskus yang dibaca lebih dari 300 juta views terus berinovasi untuk pengguna setia mereka. Apa saja? Simak ulasannya.

Kembangkan chat bot

Dok. Adiyasa Prahenda/ hitsss.com
Dok. Adiyasa Prahenda/ hitsss.com

Aplikasi chatting yang menjamur membuat forum ini membuat model sejenisnya. Kali ini mereka perkenalkan fitur chat yang bisa diakses dari smartphone maupun desktop.

Kemampuan chat bot ini sendiri terbilang baru dan berbeda dibanding aplikasi chatting lainnya. Karena Kaskus chat sendiri lebih menyasar para kaskuser yang sering sekali gunakan Private Message sebagai tempat berkomunikasi.

“Kami melihat adanya pergeseran pengguna dari website ke aplikasi. Selain itu tren kali ini adalah aplikasi chatting yang sudah menjamur saat ini. Sehingga, kami pun kembangkan aplikasi chatting yang terinspirasi dari PM (Private Message) di Kaskus,” tukas Ardyanto Alam, Chief Product Officer Kaskus.

Dengan pengembangan ini sendiri, rasanya forum pertama di Indonesia ini mampu ikuti perkembangan teknologi.

Baca halaman selanjutnya : Lounge video…