“Sebuah Penantian Panjang!” – Pengakuan Sandy Walsh Siap Dinaturalisasi, Senang Bukan Main


Sandy Walsh bahagia dengan kepastian dirinya menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), demi membela timnas Indonesia. Ini merupakan penantian panjang untuk bek sayap yang bermain di Belgia untuk K.V. Mechelen tersebut.

Kepastian bahwa Sandy bakal dinaturalisasi terjadi pada pekan ini, ketika permohonan dari PSSI sebagai federasi sepakbola Indonesia telah diterima Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), yang bakal membantu proses alih warga negara Sandy.

Kepada media Belgia, GVA, Sandy mengaku benar-benar senang akhirnya penantian panjang ini terwujud. Bukan rahasia lagi bahwa Sandy sudah memohon untuk bermain bagi timnas Indonesia sejak beberapa tahun lalu, namun baru kali ini dieksekusi PSSI atas rekomendasi pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

“Perasaan ini mulai tumbuh selama tahun terakhir saya di Racing Genk (2017,). Sekarang ada pelatih timnas, Shin Tae-Yong yang sangat percaya pada saya. Dalam setiap pertemuan dengan pimpinan federasi, dia mencoba memaksa untuk menghubungi saya,” ucap Sandy.

“Mereka tahu bahwa saya sangat termotivasi dan sekarang sudah 90 hingga 95 persen selesai [proses naturalisasi]. Pada bulan April saya berharap akhirnya akan resmi, karena saya sudah menunggu begitu lama,” sambungnya dengan rasa antusias.

Sandy sudah belajar Bahasa Indonesia, bahkan sudah menyelesaikan tahap-tahap untuk naik tingkat. Meski belum fasih, tapi Sandy sudah bisa memahami sedikit banyak ungkapan dalam Bahasa Indonesia.

“Saya tahu dasar-dasarnya, tetapi jika saya ingin berbagi sesuatu di media sosial, saya menggunakan Google Translate. Saya benar-benar mulai mempelajarinya sekitar enam bulan yang lalu, karena saat itu saya tahu bahwa pelatih nasional sangat menginginkan saya untuk bergabung,” tutur sosok 26 tahun ini.

Artikel dilanjutkan di bawah ini

Selain Sandy, PSSI juga memastikan bahwa Jordi Amat akan menjadi WNI. Stoper yang pernah bermain untuk Swansea itu punya darah Sulawesi Selatan, dan belum sampai setahun terakhir mengungkapkan ingin bisa membela timnas Indonesia.

Jordi sudah coba dihubungi oleh Sandy, dengan harapan bisa melakukan perjalanan jauh dari Eropa ke Indonesia, bersama-sama. “Saya sudah mengiriminya pesan jika dia ingin coba mau mengambil pelajaran [Bahasa Indonesia]. Dan teman komuter dalam penerbangan panjang akan menyenangkan,” ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.