Belum Nyerah, Presiden Juventus dan Real Madrid Bakal Umumkan Format Baru Liga Super Eropa : Okezone Bola


TURIN – Juventus dan Real Madrid dikabarkan belum menyerah untuk memperjuangkan Liga Super Eropa yang sudah mereka rencanakan. Kabar terbaru, pada hari ini, Kamis (3/3/2022) waktu setempat, Presiden Juventus, Andrea Agnelli berniat mengumumkan format baru dari Liga Super Eropa.

Sebagaimana diketahui, Liga Super Eropa merupakan kompetisi yang dibentuk oleh 12 klub terbesar di Benua Biru, termasuk Juventus, Inter Milan dan AC Milan. Turnamen tersebut direncanakan dihelat sebagai tandingan dari Liga Champions agar setiap musimnya para penggemar sepakbola bisa melihat pertarungan sengit dari para klub raksasa.


Liga Super Eropa

Pada April 2021 lalu, proyek pertama Liga Super Eropa diluncurkan. Namun, dalam waktu 48 jam, wacana tersebut runtuh setelah sembilan klub memutuskan mundur akibat mendapatkan protes keras dari para fans dan terancam mendapat sanksi dari Federasi Sepakbola Eropa (UEFA).

Para tim yang mundur itu termasuk semua klub dari Liga Inggris. Di atas kertas, praktis hanya Juventus, Real Madrid dan Barcelona yang masih bertahan dan belum menyerah untuk menggelar Liga Super Eropa.

Dilaporkan dari Football Italia, Kamis (3/3/2022), Agnelli dan Presiden Real Madrid, Florentino Perez, telah menyelesaikan rencana alternatif untuk melanjutkan proyek tersebut. Bahkan, sang Presiden Juventus disebut bakal meluncurkan rencana Liga Super Eropa jilid dua itu pada hari ini di acara Financial Times’ Business of Football Summit.

Proyek jilid dua Liga Super Eropa ini kabarnya akan berformat seperti UEFA Nations League. Nantinya, kemungkinan ada 24 klub yang akan mendapatkan tiket otomatis ke turnamen tersebut setiap musimnya, berdasarkan hasil yang mereka dapat pada kompetisi Eropa musim sebelumnya, ditambah delapan klub yang lolos dari liga domestik.

Presiden Juventus, Andrea Agnelli

Akan tetapi, masih belum jelas bagaimana caranya klub-klub dari liga domestik mengamankan tempat mereka di Liga Super Eropa. Kabarnya, hal itu akan sekaligus diungkapkan oleh Agnelli hari ini.

Menarik tentunya melihat apa format baru yang benar-benar akan dibawa oleh Real Madrid, Juventu, dan Barcelona. Tentunya menarik juga menantikan respons UEFA dan FIFA yang sempat menentang turnamen tandingan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.