Barcelona Sudah Kembali Berbahaya, Para Pesaing Wajib Waspada!


Jakarta

Barcelona kembali ke papan atas Liga Spanyol. Di bawah asuhan Xavi Hernandez, Blaugrana perlahan bergerak ke arah yang benar.

Sejak Xavi datang, Barcelona baru kalah sekali di LaLiga, yakni 0-1 di tangan Real Betis pada 4 Desember lalu. Namun setelahnya, tujuh laga telah dilalui tanpa terkalahkan.

Rinciannya, Barcelona imbang tiga kali dan menang empat kali. Teranyar, mereka menang meyakinkan 4-2 atas Atletico Madrid.

Sederet hasil positif itu mengangkat Barcelona ke urutan empat klasemen sementara musim ini dengan 38 poin dari 22 laga. Ini adalah pertama kalinya Gerard Pique dkk menembus empat besar sejak Agustus lalu.

Barcelona memang masih tertinggal 15 poin dari Real Madrid selaku pemuncak klasemen, namun konsistensi telah mereka temukan, dan hal itu didukung dengan langkah belanja pemain di musim dingin.

Setelah harus berkutat dengan ‘skuad seadanya’ peninggalan Ronald Koeman, Xavi mampu menambah Ferran Torres, Adama Traore, Pierre-Emerick Aubameyang, dan Dani Alves di jendela transfer Januari.

Tambahan pemain itu sejauh ini membuahkan hasil. Torres dan Traore sudah menyumbang assist, sedangkan Alves sudah mencetak gol dan assist. Sementara Aubameyang baru turun 29 menit, masih ada waktu untuk menunjukkan kualitas sesungguhnya.

Namun yang penting, pengalaman mereka bisa membantu para pemain muda di skuad Barcelona untuk semakin berkembang. Xavi memang menyebut timnya tak bisa hanya mengandalkan kualitas pemain muda tanpa adanya sosok berpengalaman yang terbiasa dengan tekanan, dan kini ia sudah mendapatkannya.

Liga Spanyol masih tersisa setengah musim. Mengejar Real Madrid jelas bukan perkara mudah. Namun sejauh ini, Barcelona menunjukkan sinyal bahwa mereka siap mempertahankan posisi di papan atas, habitat mereka selama ini.

“Kemenangan (atas Atletico) ini bisa menjadi titik balik. Tapi kami harus tetap merendah dan terus bekerja keras,” ujar Xavi, dikutip situs resmi klub.

(adp/krs)

Leave a Reply

Your email address will not be published.