Warisan Abadi Roman Abramovich di Chelsea


London

Roman Abramovich mengakhiri kepemilikan Chelsea yang sudah dipegangnya selama 19 tahun. Taipan Rusia itu meninggalkan warisan abadi di Stamford Bridge.

Abramovich mengumumkan penjualan Chelsea, Kamis (3/3/2022). Raja minyak Rusia tersebut mau melepas Chelsea seharga 3 miliar paun (Rp 57,6 triliun).

Penjualan Chelsea ini imbas dari perang Rusia vs Ukraina. Abramovich diklaim masuk lingkaran Presiden Rusia, Vladimir Putin, sosok yang dianggap bertanggung jawab atas perang yang terjadi saat ini.

Roman Abramovich pun masuk daftar merah Pemerintah Inggris dan asetnya diancam dibekukan, salah satunya kepemilikan Chelsea. Dia awalnya memilih mundur dari kepengurusan, hingga akhirnya memutuskan hengkang dari Stamford Bridge dan menjual klub.

Abramovich membeli Chelsea dari Ken Bates seharga 140 juta paun pada 2003. Klub London itu diubahnya menjadi raksasa Inggris dan Eropa.

Melansir The Sun, Abramovich sudah mengucurkan lebih dari 2 miliar paun untuk belanja pemain Chelsea selama 19 tahun. Romelu Lukaku menjadi pembelian termahal, yakni 97,5 juta paun saat diboyong dari Inter Milan musim panas lalu.

Gelontoran duit Abramovich sukses menyulap Chelsea dari tim biasa-biasa saja menjadi raksasa Inggris dan Eropa. The Blues lima kali menjadi jawara Premier League dan dua kali juara Liga Champions di bawah kekuasaan Abramovich.

Chelsea memainkan 1087 pertandingan dengan Abramovich sebagai pemilik klub. Chelsea memenangkan 660 pertandingan, 237 seri, 190 kekalahan, serta menghasilkan 2049 gol.

Di satu sisi, Abramovich amat menuntut manajer tim untuk bisa berprestasi. Dia tidak segan memecat pelatih yang dianggap gagal mendongkrak performa The Blues.

Secara keseluruhan ada 13 manajer yang didatangkan selama era Abramovich. Jose Mourinho dan Guus Hiddink dipecat dua kali, sementara pelatih-pelatih seperti Carlo Ancelotti, Antonio Conte, serta Maurizio Sarri memilih mundur sebelum kena pecat.

Total 21 trofi diraih Chelsea sejak Roman Abramovich menjadi bos besar di Stamford Bridge. Gelar-gelar tersebut menjadi warisan abadinya untuk The Blues dan para penggemar.

Deretan Trofi Chelsea di Era Roman Abramovich:

5 trofi Liga Inggris
5 trofi Piala FA
3 trofi Piala Liga Inggris
2 trofi Community Shield
2 trofi Liga Champions
2 trofi Liga Europa
1 trofi Piala Super Eropa
1 trofi Piala Dunia Antarklub.

Simak Video “Lihat Lagi Gol-Gol Chelsea Vs Palmeiras
[Gambas:Video 20detik]
(bay/mrp)

Leave a Reply

Your email address will not be published.