Klopp, Manajer Paling Awet di Premier League Saat Ini


Liverpool

Menyusul dipecatnya Sean Dyche, Juergen Klopp adalah manajer terlama di Premier League saat ini. Klopp kaget dengan perubahan selama enam tahun ini.

Dyche tak ladi menangani Burnley di sisa delapan pertandingan musim ini, menyusul performa buruk tim. Dyche yang sudah 10 tahun menangani Burnley gagal mengangkat tim yang terpuruk di posisi ke-18 dengan 24 poin.

Ada delapan angka membedakan dengan Everton yang ada d posisi ke-17. Dyche jadi manajer ke-10 yang dipecat musim ini sekaligus menyudahi catatan sebagai manajer terlama di Premier League.

Gelar tersebut kini jadi milik Klopp yang sudah menangani Liverpool selama enam tahun 189 hari! Sejak kedatangan pria asal Jerman itu pula, Liverpool yang terpuruk akhirnya bangkit dan jadi kekuatan menakutkan di Inggris.

Selama ditangani Klopp, Liverpool sudah meraih lima gelar termasuk Premier League dan Liga Champions. Selain itu, Klopp juga membuat Liverpool disegani lawan-lawannya berkat gaya bermainnya, yakni gegenpressing, counter pressing, atau sebutan lainnya.

Warisan inilah yang bakal ditinggalkan Klopp ketika memang sudah saatnya dia harus pergi. Apalagi Klopp bisa menyempurnakan kariernya dengan merebut Quadruple musim ini.

Setelah gelar Piala Liga Inggris Februari lalu, ada tiga trofi yang bisa diraih Liverpool. Dua di antaranya sudah mencapai semifinal, yakni Piala FA dan Liga Champions.

“Belum lama ini saya melihat foto saya di tahun 2005. Lalu saya melihat juga foto ketika pertama kali datang ke sini (Oktober 2015). Sayangnya saya juga berkaca setiap harinya, sehingga enam tahun terakhir ini begitu intens. Saya melihat pribadi yang berbeda saat ini,” ujar Juergen Klopp di Guardian.

Klopp sudah menangani Liverpool selama 369 laga dengan 225 kemenangan. Mau tahu siapa manajer terlama kedua di Premier League saat ini? Tidak lain adalah rivalnya Pep Guardiola yang memanajeri Manchester City selama 5 tahun 288 hari.

(mrp/ran)

Leave a Reply

Your email address will not be published.