Di Indonesia ada kebiasaan unik yang selalu dilakukan menjelang berbuka puasa. Yup, ngabuburit!  Hitsss merangkum aktivitas seru apa saja yang dapat kamu lakukan saat ngabuburit, yuk simak!

Salah satu tradisi yang kerap dilakukan masyarakat di tanah air di beberapa jam menjelang waktu berbuka puasa, yaitu ngabuburit. Ngabuburit adalah satu istilah dari bahasa Sunda yang artinya “menghabiskan waktu untuk menunggu datangnya sore”. Jadi, sebenarnya tidak mengacu pada aktivitas sebelum berbuka puasa saat Ramadhan.

Namun seiring berjalannya waktu, kata ngabuburit mengalami pergeseran makna. Orang-orang menggunakan kata tersebut untuk menyebut berbagai aktivitas yang mereka lakukan sesaat sebelum berbuka puasa Ramadhan.

Menanti waktu berbuka dengan teman atau keluarga tidak harus pergi ke tempat-tempat ramai, seperti pusat perbelanjaan atau taman kota. Di sekitar rumah, kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas menarik bersama keluarga. Berikut beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan saat ngabuburit.

1. Olahraga Sore

Unsplash/Cycling
Unsplash/Cycling

Berpuasa selama Ramadhan bukan berarti kamu menjadi bermalas-malasan dan berhenti olahraga. Justru olahraga saat Ramadhan akan membuat tubuh kamu fit dalam menunaikan ibadah puasa. Tubuh tak mudah lemas dan mengantuk saat beraktivitas tiap harinya. Di saat tubuh tak mendapat asupan energi, tentu diperlukan penyesuaian porsi olahraga.

Tak perlu berat-berat, lakukan olahraga dengan porsi tepat. Kamu bisa  jogging mengelilingi komplek rumah, atau kamu bisa sekedar melakukan olahraga ringan yang bisa dilakukan dari dalam rumah asal tubuh kamu berkeringat. Kamu juga bisa bersepeda keliling komplek perumahan selama beberapa menit sesaat sebelum berbuka puasa.

Tak ada salahnya ajak teman-teman lain buat “gowes” bareng, sehingga rasa lelahnya tidak terasa. Tubuh juga bisa lebih bugar dengan berolahraga ringan seperti jogging dan bersepeda. Begitu sampai di rumah, kamu tidak perlu menunggu terlalu lama lagi untuk berbuka puasa.

2. Hunting Foto

Pexels/HuntingPhoto
Pexels/HuntingPhoto

Kalau kamu punya hobi fotografi, momen ngabuburit adalah momen yang pas untuk kamu abadikan. Sambil menunggu buka puasa, kamu bisa asyik menyalurkan hobimu dengan mengabadikan momen-momen unik khas Ramadhan. Tidak harus jauh-jauh ke luar kota untuk mendapat objek foto yang bagus. Di komplek atau bahkan di dalam rumah sendiri pasti ada objek yang menarik untuk bisa di foto. Mulai dari kumpulan anak-anak kecil ngabuburit yang sedang perang sarung sampai pasar kaget dekat rumah yang jualan takjil untuk berbuka puasa.

Atau untuk kamu yang suka jalan-jalan bisa juga hunting foto di tempat-tempat bersejarah yang ada. Jumlahnya mungkin akan kalah jauh apabila dibandingkan dengan mall. Hunting foto di tugu, candi, atau museum tidak kalah seru dibanding jalan-jalan di mall. Kamu juga bisa sekaligus mempromosikan hasil foto lewat media sosial seperti Instagram. Kamu akan tetap eksis dan pastinya mendapat pengetahuan baru tentang situs bersejarah tersebut. Lakukan browsing untuk mencari tahu tempat bersejarah yang ada di kota tempat tinggal kamu.

Baca halaman selanjutnya : Memainkan Game Seru…