Seringkali ketika penghasilan seseorang naik, maka gaya hidupnya cenderung juga meningkat. Akhirnya, berapa pun pendapatan yang diperoleh tetap saja sulit menabung dan selalu menghadapi keuangan yang menipis di akhir bulan. Hitsss punya tips untuk kamu yang penghasilannya meningkat agar jangan terjebak gaya hidup yang membuat kamu justru semakin boros.

 

Disiplin Mengatur Keuangan

Berapa pun penghasilan yang kamu dapatkan, usahakan untuk selalu disiplin mengatur keuangan. Buatlah rencana anggaran belanja. Biasakan tulis daftar barang-barang apa yang perlu dan butuh kamu beli, bukan yang kamu inginkan.

Tahan diri juga untuk tidak tergiur dengan diskon, karena ini bisa menjebak kamu untuk membeli barang secara berlebihan. Ini biasanya dipicu oleh pemikiran bahwa diskon tidak datang dua kali. Padahal, kalau memang kamu tidak butuh, sekali pun didiskon, kamu tidak perlu membeli barang tersebut.

Disiplin juga dalam menabung. Jika pendapatanmu meningkat, tambah besaran jumlah tabungan, bukan justru tambah jumlah pengeluaran.

Catat Keuangan Secara Berkala

Setelah mengatur keuangan, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan mencatat kembali pengeluaran keuangan kamu secara berkala. Ingat, kamu tidak perlu sampai menyiksa diri untuk berhemat. Tapi, dengan membuat catatan keuangan kamu jadi tahu mana pengeluaran yang sebenarnya bisa dikurangi untuk lain waktu.

Siapkan catatan kecil khusus untuk mencatat keuangan harian atau mingguan. Atau kamu juga bisa menggunakan fitur memo atau note di ponsel untuk memudahkan pencatatan.

Buatlah daftar catatan dengan merinci, mana pengeluaran wajib, pengeluara tidak wajib dan pengeluaran tambahan atau pelengkap. Kemudian evaluasi kembali catatan tersebut agar efektif dalam menghemat uang.

Siapkan Rekening Alternatif

Rekening alternatif ini akan membantu kamu dalam melakukan penghematan. Buatlah rekening tabungan tanpa akses kartu ATM. Isi rekening ini setiap bulannya ketika kamu menerima gaji. Siapkan nominal tertentu untuk kamu transfer ke rekening tabungan tersebut. Memiliki rekening tanpa kartu ATM akan membantu kamu terhindar dari godaan untuk sering menarik uang.

Selain dengan tabungan alternatif kamu bisa menggunakan amplop untuk mengatur keuangan untuk kebutuhan sehari-hari, seperti untuk biaya makan, listrik, air dan hiburan. Masukkan uang kamu ke dalam masing-masing amplop tersebut dan gunakanlah sesuai dengan yang sudah kamu anggarkan sebelumnya. Bukan berarti penghasilan naik, pengeluaran juga membengkak, kan?

Next: Hindari Belanja Dadakan