Prinsip ‘Less is More’

Via Less
Via Less

Ketika tim kerja tergolong kecil, semua orang cenderung lebih aware akan situasi yang dihadapi. Namun, hal tersebut sulit terjadi ketika tim berkembang besar. Untuk itu, terapkanlah aturan rapat tim yang sederhana, yakni ‘Less is More’.

Rapat tim tidak harus terkesan memusingkan. Aturlah jadwal tetap dengan targeted topic. Misal, rapat tim selalu dilakukan di hari Senin. Topik pun dibuat berotasi: topik data pemasaran untuk minggu pertama, topik pengelolaan budget untuk minggu kedua, dst. Dengan begitu, tiap tim (terutama yang berhubungan dengan topik terkait) bisa lebih mempersiapkan diri.

Buat semua anggota terlibat

Via Entrepreneur
Via Entrepreneur

Umumnya, rapat tim dianggap momok; membosankan dan tak ada yang mau berbicara. Padahal, sebuah rapat disebut produktif bila mampu membuat semua peserta merasa terikat dan terlibat di dalam ajang diskusi.

Maka, penting untuk mendorong budaya rapat yang aktif bagi semua. Salah satu contoh termudah ialah membiarkan rapat tim dipimpin oleh orang-orang yang berbeda – sesuaikan latar belakang dengan topik yang hendak dibahas. Akan lebih efektif bukan, jika rapat dipimpin oleh orang yang benar-benar menguasai topik?

Baca halaman selanjutnya: Rapat = Diskusi…