Tempat Kuliner di Pangandaran: Kuliner Kebab Ala Icha Fruit yang Banyak Rasa, Belajar dari YouTube


Laporan Kontributor Tribunjabar.id Pangandaran, Padna

TRIBUNJABAR.ID, PANGANDARAN  – Selain kaya dengan tempat wisata, berbagai jenis olahan kuliner kini bermunculan di Kabupaten Pangandaran. 

Salah satunya kuliner kebab ala Icha Fruit yang berada di Jalan Raya Kalipucang-Pangandaran tepatnya di wilayah Desa/Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Meskipun tempatnya terlihat sederhana, berbagai jenis olahan kebab di Icha Fruit disediakan sesuai yang dipesan konsumen. Satu di antaranya kebab sayur dan kebab pisang.

Resep bahan baku untuk membuat kebab sayur ala teh Icha, selain daging cincang dan telur, juga memakai selada merah dan selada hijau, kubis, wortel, tomat, timun, jagung manis dan makaroni.

Begitu juga kebab pisang, bahan baku yang digunakan yaitu pisang yang berada di halaman rumahnya.

Karena kuliner kebab yang dijajakan Icha Fruit ini sebagian bahan baku seperti sayuran dan pisang dengan memanfaatkan tanaman di perkarangan rumahnya.

Selain kuliner kebab, Icha Fruit juga menyediakan berbagai macam olahan kuliner khas buatannya.

Seperti roti bakar sandwich, takoyaki, okonomiyaki, jazuke (jagung susu keju), beuleum cau (pisang bakar dan juga minuman jus lainnya.

Penjualannya selain dilakukan secara online, Icha Fruit juga menjual secara offline dengan waktu buka, pukul 08.00 sampai pukul 22.00 WIB.

“Ya, pembelinya warga sekitar saja tapi kadang banyak dari luar daerah juga seperti dari Cilacap, Jawa Tengah. Kalau online, biasanya kami DO (delivery order),” ujar Icha saat ditemui Tribunjabar.id di rumahnya, Selasa (8/2/2022) siang.

Icha mengaku, menjalani usaha kulinernya sejak tahun 2020 dengan belajar secara otodidak dan dari tayangan di youtube.

“Saya belajar dari YouTube, terus mulai mencoba sampai sekarang. Jadi, saya yang buat dan saya menjualnya. Ya, alhamdulillah ramai,” ucapnya.

Menurutnya, kebanyakan pembeli yang pesan makanan adalah jenis kebab sayur.

“Ya, mungkin saking extra sayur-sayuran, kulit kebabnya tidak bisa digulung. Satu porsi harganya Rp 15 ribu, kecuali ada tambahan telur dan sosis. Itu, beda lagi,” kata Icha. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.