Sego Kethek, Kuliner Ndeso Khas Goa Kreo Semarang


Semarang, Jawa Tengah – Sego Kethek itu artinya nasi kera. Begitu kata Pak Kasmin, tokoh yang disegani di Goa Kreo memulai cerita. Disebut begitu karena ada tradisi yang berjalan di Dusun Talun Kacang, Gunungpati Semarang. Namanya Tradisi Rewanda.

Pada setiap gelaran acara tersebut, warga membuat dua gunungan masing-masing berisi buah-buahan dan nasi yang dibungkus daun jati. Untuk gunungan buah diberikan kepada kera penghuni hutan Goa Kreo. Sedangkan gunungan berisi nasi bungkus daun jati diperebutkan warga yang mengikuti tradisi tetsebut.

Karena acara tradisi tersebut berhubungan dengan legenda kera atau kethek penghuni Goa Kreo, maka nasi bungkus tersebut kemudian terkenal dengan sebutan sego kethek atau nasi kera.

“Jadi begitu ceritanya. Sego kethek itu memang makanan khas dusun sini. Isinya seserhana yaitu nasi putih, daun pepaya, rempeyek teri, tahu bacem, dan sambal kelapa atau urap. Dibungkus daun jati karena sudah sejak dulu warga di desa memakai daun jati untuk bungkus nasi dan makanan lainnya agar punya aroma sedap sehingga menggugah selera makan,” kata Pak Kasmin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.