Pembenahan Pusat Kuliner Mabuun Tabalong Kalsel Dilanjutkan Lagi Tahun Ini


BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG –Pembenahan kawasan Pusat Kuliner  Mabuun dilakukan Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Pusat kuliner ini lokasinya berada di samping Mal Pelayanan Publik, Kelurahan Mabuun, Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong, Kalsel.

Keberadaan pusat kuliner ini sempat tak berjalan sesuai fungsinya semenjak diaktifkan pada tahun 2016.

Berdasarkan catatan banjarmasinpost.co.id, dinas terkait beberapa kali melakukan penertiban karena ada beberapa toko justeru disalah fungsikan menjadi tempat tinggal.

Baca juga: Banyak yang Kosong, Belasan Toko di Pusat Kuliner Mabuun Tabalong Berubah Jadi Hunian

Baca juga: VIDEO Pusat Kuliner Pakasam dan Ikan Samu di Pasar Barabai Kabupaten HST

Kemudian setelah berhasil dikosongkan di tahun 2021, Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tabalong, secara bertahap lakukan pembenahan.

Tahap awal dilakukan rehab dengan menggabung beberapa toko menjadi satu buah bangunan yang lebih representatif untuk menjadi tempat kuliner.

Dimana saat ini bangunan tersebut sudah difungsikan oleh satu pedagang yang selama ini memang konsisten berjualan sejak awal di lokasi tersebut.

Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tabalong, Husin Ansari, Senin (7/3/2022), mengatakan, selain bangunan itu, tahun ini pembenahan kembali akan dilanjutkan.

“Iya akan ada lagi dilakukan pembenahan untuk tahun ini,” katanya.

Pembenahan yang dilakukan tahun ini direncanakan untuk menyediakan tempat bagi pedagang kuliner paliat.

Untuk toko yang akab direhab tahun ini rencananya deretan bangunan yang berada di bagian samping pusat kuliner.

Terpisah, pedagang yang menempati bangunan baru di Pusat Kuliner Mabuun, H Zubair, mengaku sangat terbantu setelah dibangunkan tempat baru yang lebih bagus.

“Alhamdulillah kami diberi fasilitas ini, ada kemajuan dan orang semakin nyaman ke warung kami,” ujar pemilik Warung Sate Itik Khas Pa Haji Zubair ini.

Baca juga: Pusat Kuliner Mabuun Tabalong Segera Dibenahi, Didapati Ada Toko Dijadikan Tempat Tinggal

Dengan bangunan yang ada ini, pihaknya juga bisa menyediakan ruangan yang dilengkapi pendingin udara dan bisa berjualan setiap hari.

Sehingga kini warungnya semakin banyak dikunjungi orang dan tidak hanya warga Tabalong saja yang datang makan di tempatnya. (banjarmasinpost.co.id/donyusman)

Leave a Reply

Your email address will not be published.