Mengenal 8 Jenis Tempura: Kuliner Khas Jepang Tiada Duanya


TEMPO.CO, Tokyo –Tempura merupakan salah satu kuliner khas Jepang yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Namun, beberapa orang mungkin masih kurang familiar dengan makanan ini. Lantas, apa saja isi tempura?

Melansir laman japan-guide.com, tempura adalah hidangan dari seafood atau sayuran yang dibalut tepung dan digoreng. Makanan ini sejatinya berasal dari Portugis dan diperkenalkan ke Jepang selama abad ke-16 di Nagasaki.

Setelah berabad-abad, tempura berkembang menjadi hidangan khas Jepang yang populer di dalam maupun di luar negara tersebut. Makanan ini biasanya disajikan sebagai hidangan utama, lauk pauk, atau hidangan pendamping untuk nasi tendon, udon, dan mie soba.

Jenis-jenis Tempura

Berikut ini adalah beberapa jenis tempura yang paling populer :

  1. Tempura udang

Udang merupakan bahan tempura paling umum yang dapat dijumpai di banyak tempat.

  1. Tempura ikan

Jenis tempura yang paling populer selanjutnya terbuat dari fillet ikan atau ikan kecil utuh. Ikan yang biasa digunakan antara lain whitefish Jepang, whitebait, goby, dan sweetfish.

  1. Tempura nasubi

Nasubi merupakan jenis terung yang berasal dari Jepang. Tergantung pada ukurannya, nasubi dapat diiris bulat, dipotong menjadi dua, atau dipotong menjadi bentuk kipas sebelum dilumuri tepung dan digoreng.

  1. Tempura jamur

Jamur juga termasuk bahan populer untuk dijadikan tempura. Jenis jamur yang paling sering digunakan adalah shiitake dan maitake.

  1. Tempura kabocha

Tempura kabocha adalah tempura yang terbuat dari labu Jepang yang memiliki kulit tipis berwarna hijau tua dan daging berwarna oranye.

  1. Tempura satsumaimo

Satsumaimo adalah jenis ubi jalar Jepang yang memiliki kulit berwarna ungu dan daging berwarna kuning. Sebagai bahan tempura, satsumaimo biasanya diiris tipis dan kulitnya dibiarkan.

  1. Tempura perilla

Daun perilla memiliki rasa seperti mint. Tempura dengan bahan ini bisanya disajikan sebagai makanan pendamping sashimi.

  1. Tempura kakigae

Tempura kakigae terbuat dari berbagai potongan sayuran dan seafood yang dicampur dalam adonan sebelum akhirnya digoreng. Kakigae biasa disajikan sebagai hidangan pembuka atau hidangan pendamping nasi dan mie.

Adonan Tempura

Dilansir dari laman Allrecipes, adonan termpura terbuat dari bahan-bahan sederhana, yakni tepung, telur, dan air es. Beberapa toko mungkin menyediakan tepung khusus untuk memasak tempura, namun tepung serbaguna juga bisa digunakan.

Penggunaan air es sebagai campuran adonan tempura sangat penting karena dapat memperlambat pembentukan gluten dan membuat adonan tidak terlalu padat. Selain itu, air es juga dapat membantu mencegah penyerapan minyak dalam adonan yang berlebihan selama proses menggoreng.

SITI NUR RAHMAWATI
Baca : 10 Fakta Unik Tempura Kuliner Khas Jepang, Ternyata Ada Hari Tempura Nasional?

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.