Kuliner yang Identik dengan Hari Raya Nyepi, Mulai dari Entil hingga Cerorot


INDOZONE.ID – Hari ini, Kamis (3/3/2022) umat Hindu bersukacita memperingati Hari Raya Nyepi. Tahun Baru Hindu sendiri diperingati berdasarkan penanggalan kalender saka.

Nyepi berarti hening. Artinya, umat Hindu dilarang untuk bepergian, bekerja atau menyalakan api.

Umat Hindu juga tidak diperbolehkan menyalakan benda elektronik selama 24 jam. Mereka yang merayakan nyepi tidak diperbolehkan untuk melakukan aktivitas yang berhubungan dengan elektronik dan api.

Tidak hanya memiliki tradisi khusus, biasanya setelah kembali dari Pura ntuk berdoa, umat Hindu akan berkumpul bersama keluarganya dan menyantap sajian khas.

Mulai dari cerorot hingga entil, berikut sederet kuliner yang identik dengan Hari Raya Nyepi:

1. Cerorot

Cerorot adalah jajanan basah yang memiliki tekstur lembut dan rasa yang manis. Cerorot biasanya dihadirkan adi upacara-upacara adat. Cerorot berbahan dasar tepung beras, adonan yang dikukus ini berbentuk seperti corong.

2. Nasi Tepeng

Nasi tepeng terbuat dari beras yang dimasak dengan api kecil. Nasi tepeng yang teksturnya lebih lembek disajikan dengan urab sayur, kacang panjang, kacang merah, nangka muda, terong, daun kelor serta kelama parut.

3. Entil

Entil merupakan makanan sejenis ketupat, terdiri dari beras dengan dibungkus daun bambu. Makanan ini biasanya selalu ada saat memasuki Tahun Baru Nyepi. Namun, makanan khas di masing-masing daerah berbeda.

4. Pulung Nyepi

Jajanan khas Nyepi ini dibuat dari tepung beras yang dicampur kanji kemudian dikukus. Setelah itu, adonan diuleni dan dibentuk lonjong memanjang, lalu direbus dan ditiriskan.

5. Ayam Betutu

Ayam betutu juga jadi salah satu kuliner yang identik dengan perayaan Hari Raya Nyepi. Lauk berupa unggas utuh dan di dalamnya diisi dengan bumbu rempah, dibungkus daun pisang, dimasukkan ke bara api. Betutu dipanggang berjam-jam sehingga dagingnya terasa lembut.

6. Lawar

Lawar terbuat dari campuran sayur, daging serta bumbu kaya rempah. Lawar yang dilengkapi dengan parutan kelapa bakar adalah makanan favorit dalam upacara-upacara adat di Bali. Tampilannya serupa urap dengan bumbu penuh aroma.

Artikel Menarik Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published.