Kini Hasil Kerajinan dan Kuliner Khas Jawa Barat Ada di Kerabat Store


Bandung, Sonora.ID – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) menghadirkan ruang kreativitas bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dalam satu atap yang diberi nama Kerabat Store (Kerajinan dan Kuliner Jawa Barat Store).

“Ini merupakan pusat toko yang berisi beragam produk kreatif dari Jabar. Dan kualitas produk-produknya tidak kalah dengan yang ada di mall,” ucap Gubernur Jabar Ridwan Kamil usai meresmikan Kerabat Store Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jabar, Jl. Ir. H. Djuanda Dago Bandung, Selasa (8/2/2022).

Menurutnya, Kerabat Store Dekranasda ini menjadi fasilitator pengembangan kreativitas sekaligus salah satu pusat pemulihan ekonomi bagi pelaku UMKM di 27 kabupaten/kota dengan memamerkan serta memasarkan produk khas Jawa Barat. 

“Ekonomi lokal lagi di dorong semaksimal mungkin dan salah satunya adalah membuat produk-produk dekranasda di Kerabat Store ini displaynya juga setara dengan produk yang ada di mall. Makanya ini bagian dari visi pemerintah provinsi Jawa Barat dan Dekranasda untuk mengangkat produk khas Jabar,” ucap Ridwan Kamil.

Baca Juga: Bank Indonesia Salurkan 9 PSBI di Kota Singkawang, Apa Saja?

Gubernur Ridwan Kamil melihat-lihat produk-produk khas Jabar di Kerabat Store, Selasa (8/2/2022)

“Jadi ini menunjukkan keseriusan kita agar produk-produk lokal ini bisa bersaing di pasar besar atau nasional atau bahkan dunia,” imbuhnya.

Lebih lanjut Ridwan Kamil mengatakan, pengembangan Kerabat Store ini juga harus dibarengi dengan digitalisasi agar bisa dikenal luas

“Artinya secara digital dari semua proses ini terus kita upayakan agar produk ini bisa lebih dikenal luas. Mereka yang ingin beli bisa datang langsung atau bisa online melalui semua e-commerce yang bekerjasama dengan kita,” kata Ridwan Kamil.

“UMKM harus terus tumbuh dan berkembang melalui pemanfaatan teknologi. Jadi harus bisa beradaptasi, bersinergi dan juga berkolaborasi. Makanya kita sangat support,” katanya lagi.

“Dan wisatawan yang kebetulan datang ke Bandung, belanja lah sebanyak-banyaknya di Kerabat Store. Seperti Ibu Presiden dan juga Ibu Wakil Presiden yang kala itu juga berbelanja di Kerabat Store,” pungkasnya.

Diketahui, Kerabat Store sudah dimanfaatkan oleh UMKM sejak 2020 sebagai bentuk dukungan dan pengembangan pelaku UMKM Jawa Barat yang kala itu terkena dampak pandemi. 

Baca Juga: Pemprov Maluku Ekspansi Pasar Produk UMKM, Dari Herbal Hingga Tenun




TERKINI

8 Februari 2022 22:00 WIB

8 Februari 2022 21:50 WIB

8 Februari 2022 21:40 WIB

8 Februari 2022 21:30 WIB

Leave a Reply

Your email address will not be published.