7 Kuliner Khas yang Wajib Dicoba saat Berkunjung ke Kota Palembang


7 Kuliner Khas yang Wajib Dicoba saat Berkunjung ke Kota Palembang

Sungai Musi dan jembatan Ampera [Fitria/Suara.com]

Kota Palembang yang dikenal dengan julukan Kota Pempek atau empek-empek, secara historis juga pernah menjadi pusat ibu kota bagi Kerajaan Sriwijaya. Tak heran, terdapat akulturasi budaya di kota ini, termasuk dalam hal kuliner. Kuliner Palembang menjadi sangat beragam yang bercita rasa khas.

Nah, selain pempek, ada beragam kuliner khas yang tentunya wajib untuk dicoba saat berkunjung ke Kota Palembang. Mulai dari kuliner bercit arasa khas gurih seperti burgo hingga kuliner yang sangat menyegarkan seperti es kacang merah misalnya. Untuk itu, berikut 7 kuliner Palembang yang wajib dicoba saat berkunjung.

1. Burgo

Burgo (instagram.com/palembanginfo.eats)
Burgo (instagram.com/palembanginfo.eats)

Burgo, makanan khas satu ini sangat pas dinikmati untuk sarapan pagi, memiliki tampilan yang mirip seperti kwetiau. Namun, yang membedakan yaitu cara memasaknya dengan digulung dan diiris tipis. Adonan burgo terbuat dari tepung beras dan tepung sagu, kemudian dimasak seperti kulit dadar gulung. Biasanya burgo disajikan dengan kuah kuning santan yang gurih dengan bawang goreng di atasnya.

2. Celimpungan

Celimpungan (instagram.com/palembanginfo.eats)
Celimpungan (instagram.com/palembanginfo.eats)

Celimpungan biasanya sering ditemukan saat perayaan hari raya lebaran. Namun, di beberapa warung makan untuk sarapan pagi juga dapat ditemukan makanan khas satu ini. Sama seperti pempek dan juga tekwan, bahan dasar yang digunakan untuk membuat celimpungan ialah daging ikan giling dan sagu. Akan tetapi, untuk celimpungan memiliki bentuk yang cenderung lebih besar. Celimpungan biasanya disajikan dengan kuah kari sebagai pelengkapnya.

3. Tekwan

Tekwan (instagram.com/palembanginfo.eats)
Tekwan (instagram.com/palembanginfo.eats)

Makanan khas Kota Palembang selanjutnya ialah tekwan. Hidangan ini berbahan dasar sama seperti pempek dan celimpungan. Hanya saja, tekwan memiliki bentuk yang kecil-kecil, mirip seperti pentol yang disajikan dengan kuah kaldu udang. Biasanya tekwan disajikan dengan bawang goreng, daun seledri, daun bawang, potongan bengkuang, bihun, dan jamur kuping.

4. Model

Model (instagram.com/palembanginfo.eats)
Model (instagram.com/palembanginfo.eats)

Satu lagi makanan khas Kota Palembang yang berkuah kaldu udang yaitu model. Berbeda dengan tekwan, Model dimasak dengan bentuk kecil-kecil seperti pentol yang direbus atau dikukus. Adonan model yang terbuat dari ikan tenggiri ini akan dimasak seperti pempek yang berisikan tahu di dalamnya, lalu direbus. Disajikan bersama kuah kaldu udang dengan tambahan yang sama seperti tekwan, tetapi ditambahkan dengan irisan timun.

5. Martabak HAR

Martabak HAR (instagram.com/palembanginfo.eats)
Martabak HAR (instagram.com/palembanginfo.eats)

Selanjutnya merupakan makanan khas legendaris yang dikenal masyarakat lokal dengan sebutan Martabak HAR. Tidak jauh berbeda dengan martabak pada umumnya, dimasak dengan isian telur ayam atau bebek yang dibalut dengan kulit martabak yang diuleni hingga tipis. Namun, satu hal yang membuat Martabak HAR unik dan berbeda dari sajian martabak pada umumnya adalah disajikan dengan kuah kari yang kental dengan irisan daging sapi.

6. Mie Celor

Mie Celor (instagram.com/palembanginfo.eats)
Mie Celor (instagram.com/palembanginfo.eats)

Nah, bagi beberapa orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan makanan khas Kota Palembang yang satu ini. Mie celor dibuat dengan bahan dasar mie tetapi dengan tekstur yang berbeda dengan kebanyakan hidangan mie lainnya. Tak hanya itu, keunikan mie celor juga terletak pada kuahnya yang berasal dari kaldu ebi dan santan yang membuat citarasa menjadi khas kental dan gurih. Biasanya disajikan bersama kuah santan kaldu ebi, tauge, telur, kucai, dan daging udang.

7. Es Kacang Merah

Es Kacang Merah (instagram.com/palembanginfo.eats)
Es Kacang Merah (instagram.com/palembanginfo.eats)

Setelah mencicipi beberapa kuliner khas Kota Palembang rasanya kurang lengkap jika belum mencicipi minuman yang segar satu ini yaitu es kacang merah. Kacang merah yang berlimpah disajikan dengan kuah santan dan gula aren serta serutan batu es, menjadikan kuliner khas yang satu ini wajib dicoba untuk mengakhiri perjalanan kamu di Kota Palembang.

Itulah kuliner Palembang yang perlu kamu coba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.


Tampilkan lebih banyak

Leave a Reply

Your email address will not be published.