6 Kuliner Halal dan Legendaris di Kota Medan yang Tak Boleh Terlewatkan


kuliner medan

JurnalPost.com – Bepergian ke Kota Medan, Sumatera Utara, tentu akan jadi pengalaman yang seru dan menyenangkan. Selain wisata alamnya yang indah, kuliner khas Kota Medan juga tak kalah khas serta lezat. Namun, karena Kota Medan kebanyakan dihuni oleh para non muslim, sehingga mencari kuliner halal adalah hal yang susah-susah gampang. Namun, Anda tak perlu khawatir, sebab ada banyak rekomendasi kuliner halal yang lezat dan tak boleh dilewatkan.

Jika Anda hendak ke Kota Medan, ada ragam transportasi pilihan seperti kendaraan darat, laut dan udara. Namun, untuk menghemat waktu, perjalanan udara menggunakan pesawat terbang lebih disarankan agar lekas sampai tujuan. Nah, Batik Air menjadi salah satu maskapai pilihan dengan harga terjangkau dan tentunya nyaman. Nah, Anda dapat memesan tiket pesawat Batik Air melalui aplikasi jual beli tiket perjalanan di Traveloka yang pastinya praktis, aman, dan terpercaya.

Berikut ini daftar kuliner halal di Kota Medan yang patut Anda coba dan tak boleh dilewatkan!

Bakso Methodist

Bakso Methodist bukan sembarang bakso. Ini merupakan salah satu kuliner halal di Kota Medan yang wajib Anda coba saat berkunjung ke kota tersebut. Bakso Methodist dilengkapi dengan irisan daging tebal dan melimpah, kemudian dicampur dengan bakso, mie, toge, dan disiram dengan kuah kaldu sapi yang gurih.

Tak sedikit yang mengira hidangan ini mirip dengan soto karena karena penyajiannya. Bakso Methodist berlokasi di Jalan Hang Tuah, Madras Hulu, Kec Medan Polonia, Medan, dan dijual dengan harga Rp 30 ribu per mangkuknya.

Lontong Kak Lin

Kuliner halal lainnya di Kota Medan yang tak boleh dilewatkan adalah Lontong Kak Lin. Ini merupakan salah satu kuliner yang sudah ada sejak tahun 1994. Sesuai namanya, warung makan ini menjual menu andalan berupa lontong sayur.

Di Medan, lontong sayur adalah salah satu menu sarapan wajib yang disantap sebelum beraktivitas. Lontong Kak Lin ini disajikan dengan telur balado, kerupuk merah, lontong, bihun, dan pilihan lauk lainnya lalu disiram dengan kuah santan yang pekat.

Lontong Kak Lin berlokasi di Jalan Teuku Cik Ditiro Nomor 8, Madras Hulu, Kec Medan Polonia, Medan. Untuk harga seporsi lontong sayur ini dijual dengan harga mulai dari Rp 15 ribu.

Bihun Bebek Asie Kumango

Hidangan halal di Kota Medan berikutnya adalah Bihun Bebek Asie Kumango. Hal yang membuat Bihun Bebek Asie Kumango disukai banyak orang adalah taburan irisan ayam yang melimpah. Ada dua jenis kuah yang bisa dipilih yakni kuah herbal dan kuah bebek. Cita rasa gurih, lezat, dan nikmat berpadu jadi satu dalam sepiring Bihun Bebek Asie Kumango.

Selain itu, kualitas rasanya juga diketahui tak pernah berubah sejak pertama kali ia buka. Tempat makan Bihun Bebek Asie Kumango ini juga selalu ramai pengunjung lokal maupun wisatawan. Bihun Bebek Asie Kumango berlokasi di Jalan Kumango Nomor 15, Kesawan, Kec Medan Barat, Medan. Untuk semangkuk Bebek Asie Kumango dihargai Rp 60 ribu per porsi.

Mie Balap Mail

Kuliner legendaris yang ketiga adalah Mie Balap Mail. Ada ragam jenis mie yang disajikan di Mie Balap Mail, seperti mie kuning, kwetiau, dan bihun. Mie Balap Mail ini buka sejak pagi sehingga cocok dijadikan sebagai menu sarapan sebelum beraktivitas atau mengunjungi wisata lain di Kota Medan. Mie Balap Mail berlokasi di Jalan Gunung Krakatau Nomor 105, Glugur Darat I, Kec Medan Timur, Medan. Harga per porsinya pun cukup terjangkau, yakni Rp 15 ribu saja.

Sate Memeng

Kuliner halal dan legendaris lainnya di Kota Medan yaitu Sate Memeng. Kuliner Sate Memeng ini sudah ada sejak tahun 1980-an. Sepiring Sate Memeng dilengkapi dengan 5 tusuk sate dan potongan lontong yang mengenyangkan. Ada aneka jenis sate yang bisa Anda pilih, mulai dari sate daging sapi, daging kambing, dan sate ayam.
Sehingga tak perlu khawatir jika tak menyukai sate jenis tertentu karena banyak pilihannya. Sate Memeng berlokasi di Jalan Irian Barat Nomor 2 Gang Buntu, Medan Timur, Medan. Seporsinya dihargai Rp 28 ribu saja!

Mie Aceh Titi Bobrok

Tak perlu jauh-jauh ke Aceh apabila ingin menikmati sepiring mie Aceh. Sebab, di Kota Medan juga ada mie Aceh yang lezat dan tentunya legendaris yakni Mie Aceh Titi Bobrok. Kuliner yang satu ini tak pernah sepi pengunjung. Selain rasa, topping yang dihadirkan juga beragam yakni daging kepiting yang tentunya akan menambah kekhasan tersendiri.

Rasa kuahnya pun sangat kaya akan rempah-rempah dan tentunya membuat siapapun yang mencicipi jadi ketagihan. Mie Aceh Titi Bobrok terletak di Jalan Setiabudi Nomor 17 D, Sei Si Kambing B, Medan Sunggal, Medan. Seporsi Mie Aceh Titi Bobrok dibanderol mulai dari Rp 15 ribu per porsi.

Nah, itulah enam kuliner halal dan legendaris yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Kota Medan. Selain itu, kini di Kota Medan juga sudah tersedia transportasi Railink Medan yakni kereta bandara yang akan memudahkan Anda berpindah dari Bandara Kualanamu Medan ke pusat kota Medan maupun sebaliknya. Anda juga bisa memesan tiket Railink Medan ini di Traveloka sehingga tak perlu mengantre ketika sampai di bandara.

Leave a Reply

Your email address will not be published.