Berikut beberapa tip yang mungkin bisa diikuti, agar bisnis kamu selalu kreatif dan inovatif di tengah ‘hypercompetitive era’:

  1. Open minded terhadap segala perubahan. Wirausawahan yang sukses adalah wirausahawan yang terbiasa dengan adanya perubahan. Lihat dan rasakan sekitarmu, perbanyak energi positif. Janganlah takut dengan perubahan. Hal paling sederhana dan banyak dilakukan, misalnya dengan menggunakan teknologi sebagai media promosi.
  2. Be a creative entrepreneur. Jadilah wirausahawan yang pintar, karena wirausahawan harus berani beda, berpikir ‘out of the box’, dan memiliki ide unik, agar tidak mudah ditiru. Misalnya, untuk menarik minat konsumen terhadap produkmu, gunakanlah sentuhan ide kreatif. Daya tarik tidak selalu ada pada produk itu sendiri. Daya tarik bisa ditemukan dalam kemasan atau strategi pemasaran untuk produk tersebut.
  3. Manfaatkan teknologi modern. Strategi inovasi juga bisa kamu jalankan dengan memanfaatkan bantuan teknologi modern, dalam setiap proses produksi maupun operasional usaha. Dengan begitu, kamu bisa lebih produktif, memiliki daya saing produk yang lebih tinggi, serta bisa lebih teliti untuk mengurangi risiko kesalahan kerja, yang disebabkan oleh human error.
  4. Meningkatkan kualitas SDM. Untuk menciptakan produk yang inovatif, tentunya dibutuhkan sumber daya manusia yang berkompetensi, dan memiliki kreativitas cukup tinggi. Karenanya sebelum merencanakan sesuatu yang inovatif, penting bagi kamu untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan karyawan, sesuai dengan perkembangan perusahaan. Sebab tanpa tangan-tangan kreatif, mustahil sebuah produk inovatif bisa tercipta.
  5. Tingkatkan pelayanan. Di samping strategi inovasi dengan menciptakan sebuah produk, kamu juga bisa menawarkan pelayanan khusus bagi konsumen. Misalnya saja melayani pemesanan secara online, memberikan layanan delivery order, serta menawarkan paket one stop service untuk memberikan total solusi bagi para konsumenmu.
  6. Optimis. Last but not least milikilah sikap optimis, bahwa usaha yang kita jalankan akan berhasil, dan apabila mengalami kegagalan, yakinlah bahwa itu bukanlah akhir dari segalanya, tetapi melainkan awal dari suatu kesuksesan.

Well, to be honest I always think that life itself is a competition. Kompetisi antara manusia satu dengan yang lainnya. Namun dalam kompetisi tersebut, prinsip yang harus kita anut bukanlah kompetisi untuk saling menjatuhkan, tetapi justru kompetisi untuk saling mendukung. Kompetitor bukanlah lawan kita, mereka justru adalah mitra kita.

Mitra yang secara tidak langsung membangkitkan motivasi dan kerja keras kita. Jadi, jangan pandang kompetitor sebagai hambatan dalam bisnis, tapi jadikan sebagai peluang untuk semakin sukses!