Proses pemilihan kompetisi Rice Bowl Startup Awards (RBSA) telah dibuka. Nantinya pemenang dari tahap ini akan dilombakan lagi di tingkat ASEAN.

Rice Bowl Startup Awards (RBSA) adalah penghargaan bagi startup berkembang yang menggunakan teknologi, untuk membuat kemajuan di ekosistem startup. Dengan lebih dari 10 kategori nominasi, termasuk “Startup of The Year”, “Founder of The Year”, “Social Entreprise of The Year”, “Disruptor of The Year”, penghargaan ini menggunakan konsep nominasi per kategori, public voting, dan juga penilaian dewan juri.

Setelah tahun lalu sukses diadakan di Malaysia, tahun ini RBSA diadakan dengan skala Asia Tenggara (ASEAN), dan memberikan penghargaan untuk para pemenang di setiap negara. Pemenang setiap negara kemudian akan dilombakan lagi untuk dinobatkan sebagai pemenang di tingkat ASEAN.

Di Indonesia, proses seleksi oleh 6 ambassador dari kalangan startup, VC, media, dan komunitas, telah memilih lima startup sebagai kandidat di setiap kategori. Para kandidat diramaikan oleh beberapa startup besar seperti Go-Jek dan Bukalapak, dan juga beberapa startup yang sedang naik daun seperti YesBoss, Fabelio, TaniHub, dan eFishery.

Saat ini, public voting telah dibuka, dan masyarakat bisa memberikan voting terhadap para startup. Di fase selanjutnya, tiga dewan juri akan turut memberikan pilihan terhadap siapa yang akan menjadi pemenang di masing-masing kategori.

Pemenang RBSA untuk tingkat nasional akan diumumkan pada 2 Agustus 2016 dalam malam penghargaan di Jakarta. Para pemenang akan dilombakan lagi di skala regional, untuk dilombakan lagi dengan para pemenang dari negara lain di ASEAN.

Tujuan dari penghargaan ini adalah untuk mengapresiasi para pelaku startup atas inovasi, dedikasi, dan solusi, yang mereka hasilkan dalam startup mereka. Kemudian lewat penghargaan ini, juga diharapkan lahirnya kolaborasi antar startup, komunitas, dan investor antar negara-negara di ASEAN.

RBSA diharapkan akan menjadi platform bagi masyarakat untuk bisa menjadi bagian dari penghargaannya. Untuk memberikan vote, klik www.aseanstartupawards.com dan masuk ke halaman ‘Vote now’. Setelah itu, kamu bisa memberi berapapun vote untuk startup mana saja, yang telah terbagi berdasarkan negara dan berbagai kategori. (DI)