Iman Usman di usia 26 tahun, sukses membangun startup edtech RuangGuru  yang mampu memberi solusi bagi dunia pendidikan Indonesia.

CEO sekaligus Co-Founder RuangGuru, Iman Usman, mendirikan RuangGuru pada 2014 bersama sahabatnya, Belva Devara, saat menekuni ilmu pendidikan di Columbia University New York, USA.  Kini, RuangGuru adalah satu dari sedikit startup edtech di Asia Tenggara yang terus berkembang dan mampu memberi solusi bagi dunia pendidikan di tanah air.

Dalam perjalanannya, RuangGuru terus berinovasi hingga melahirkan program terbaru mereka RuangBelajar, platform pembelajaran digital yang dilengkapi dengan ribuan video materi dan pembahasan dengan lebih dari 1200 sub-topik untuk jenjang pendidikan SD, SMP, dan SMA.

"Iman Usman"
Via Facebook

Hitsss berkesempatan melakukan wawancara dengan pria yang berdarah Padang. Dengan penuh percaya diri, alumni program studi Hubungan Internasional, Universitas Indonesia ini  menjawab pertanyaan. Petikannya. 

Bagaimana ceritanya membangun RuangGuru bersama Belva?

Di saat sekolah, waktu itu S-2, saya sama partner Belva, kita bikin yang namanya Ruang Guru. Perusahaan yang bergerak di bidang layanan pendidikan tapi berbasis teknologi. Jadi, saya dengan Belva bikin di 2014. Intinya bagaimana kita mengembangkan konten-konten dan layanan-layanan pendidikan yang berbasis video, atau soal-ujian, atau  mencari guru privat, dan lain-lain, itu bisa diakses secara online oleh pelajar-pelajar Indonesia.

Seperti apa RuangGuru sekarang?

Saat ini kita sudah digunakan oleh lebih dari 4 juta pelajar di Indonesia. RuangGuru sendiri juga sudah menerima berbagai apresiasi dan penghargaan dari berbagai organisasi dan institusi baik luar negeri maupun dalam negeri. RuangGuru juga pernah menjadi situs pendidikan terbaik Indonesia.

Baca halaman selanjutnya: Kenapa memilih startup pendidikan…