Setelah lulus kuliah, lebih baik melamar ke perusahaan startup atau ke perusahaan besar? Ini 5 keuntungannya yang bisa kamu dapatkan jika bekerja di startup.

Setelah lulus kuliah, pada umumnya orang akan mencari pekerjaan ke perusahaan besar. Akan tetapi karena persaingan yang semakin ketat, itu bisa menyebabkan banyak fresh graduate kesulitan mendapat pekerjaan.

Kini, pilihan tempat bekerja semakin variatif, karena banyaknya startup yang bermunculan. Lapangan pekerjaan semakin beragam. Namun, kamu tentu berpikir ulang untuk melamar ke sebuah startup. Apalagi jika memikirkan masa depannya, apakah startup ini akan berumur panjang atau tidak. Akan tetapi, sebagai fresh graduate, ada banyak sekali manfaat bekerja di startup yang bisa kamu dapatkan.

1. Kamu akan punya tanggung jawab lebih

Bekerja di startup berarti kamu hanya akan bekerja bersama tim yang kecil, kemungkinan hanya 5 – 10 orang. Apalagi jika startup-nya juga masih baru. Karena timnya kecil kemungkinan tidak ada orang lain yang punya keterampilan yang sama denganmu. Kamu akan memegang peranan penting dalam tim startup tersebut.

Mungkin kamu akan mendapat job desc yang banyak, tidak hanya satu tanggung jawab saja. Ini akan menekanmu untuk lebih fleksibel dan lebih produktif serta lebih diandalkan. Ketika kamu bekerja di perusahaan besar, mungkin peranmu tidak akan terasa terlalu signifikan dalam kemajuan perusahaan, karena kamu berada dalam satu titik di roda yang besar.

2. Kamu punya banyak peluang dan kesempatan

Gaji di perusahaan startup kemungkinan lebih kecil dibanding perusahaan besar. Mungkin kamu merasa dengan tingkat pendidikan yang kamu punya serta kemampuan yang kamu miliki, kamu layak dibayar dengan tinggi. Akan tetapi, akan ada banyak pengalaman yang jauh lebih berharga yang bisa kamu dapatkan. Bukan uang, tapi kesempatan serta peluang besar yang bisa kamu peroleh. Karena peran dan posisimu yang penting itu yang membuatmu akan terus tumbuh.

Jika kamu memilih bekerja di perusahaan besar sementara kamu baru lulus, kamu pasti akan ditempatkan di jabatan paling bawah. Sementara di startup, walaupun kamu minim pengalaman, asalkan kamu tipe pembelajar yang kuat, kamu bisa memegang jabatan atau posisi penting. Kamu juga bisa bertemu klien-klien penting atau terlibat dalam acara penting.

Next: Kamu bisa melakukan tugasmu dengan cara yang berbeda