Vaksinasi Covid-19 Saat Hamil Bantu Proteksi Bayi Setelah Lahir


WASHINGTON DC, KOMPAS.com – Wanita hamil yang divaksin Covid-19 dapat membantu memproteksi bayinya setelah lahir.

Vaksin Covid-19 terhadap wanita hamil membantu mencegah kasus rawat inap terhadap bayi mereka jika terkena Covid-19.

Temuan tersebut disampaikan oleh para peneliti dari sejumlah rumah sakit anak di AS dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS.

Baca juga: Ibu Hamil 8 Bulan Keguguran, Ditolak Masuk RS Xian China karena Hasil Tes Covid Telat Keluar

Dala, studinya, para peneliti tersebut mengamati anak-anak di bawah enam bulan antara Juli 2021 hingga Januari 2022, sebagaimana dilansir Reuters, Rabu (16/2/2022).

Studi ini menganalisis data dari 379 bayi yang dirawat di rumah sakit di mana 176 bayi dirawat karena Covid-19 dan 203 lain dirawat karena masalah lain.

Ditemukan bahwa vaksin Covid-19 secara keseluruhan 61 persen efektif dalam mencegah rawat inap pada anak-anak yang ibunya divaksinasi selama kehamilan.

Perlindungan itu meningkat menjadi 80 persen ketika ibu divaksinasi antara 21 pekan hingga 14 hari sebelum melahirkan.

Baca juga: Pertama Kali, Ibu Hamil di Israel Terinfeksi Florona, Gabungan Covid-19 dan Influenza

Di sisi lain, efektivitas vaksinasi turun menjadi 32 persen untuk bayi yang ibunya disuntik vasksin lebih awal selama kehamilan.

Kendati demikian, para penulis penelitian ini memperingatkan bahwa perkiraan efektivitas pada awal kehamilan harus ditafsirkan dengan hati-hati karena ukuran sampel yang kecil.

Dana Meaney-Delman dari CDC AS mengatakan, latar belakang studi tersebut adalah ingin memastikan bahwa ibu dan bayinya terlindungi.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!

Leave a Reply

Your email address will not be published.