Terinfeksi Omicron, Ini Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Dihindari


KOMPAS.com – Dokter Spesialis Paru, Erlina Burhan mengatakan, gejala klinis yang khas dan terbanyak dari infeksi Omicron adalah hidung tersumbat atau rinore, batuk, nyeri tenggorokan, terutama tenggorokan terasa gatal.

“Gejala lainnya lagi yang cukup sering tapi tidak khas dialami pasien Omicron adalah mudah lelah, sakit kepala, dan nyeri otot,” ucapnya dalam diskusi daring bertajuk “Super Immunity on Covid-19 : What and How?”, Sabtu (22/1/2022).

Dengan indikasi gejala-gejala ringan yang hampir menyerupai sakit influenza atau flu ini, Erlina mengingatkan agar petugas kesehatan lebih memperhatikan lagi perbedaan Omicron dengan flu biasa.

Baca juga: Belajar dari Pandemi Influenza, Apa yang Perlu Diperhatikan dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 Hari Ini?

“Tolong dicermati ini, gejala yang khas dari infeksi Omicron. Memang sedikit mirip dengan flu, tapi flu itu jarang loh nyeri tenggorokan dan tenggorokan gatal,” jelasnya.

Adapun untuk pasien yang terpapar Omicron, Erlina meminta mereka agar tidak perlu cemas dan tetap fokus pada diri sendiri dengan menjalani pola hidup sehat serta mengonsumsi makanan bergizi guna meningkatkan daya tahan tubuh.

Tak hanya makanan bergizi, selama menjalani perawatan, pasien terinfeksi Omicron juga harus menghindari beberapa minuman dan makanan yang dapat memperburuk kondisi kesehatan.

Apa saja makanan dan minuman tersebut? Mengutip dari berbagai sumber, berikut minuman dan makanan yang harus dihindari pasien Omicron.

Baca juga: Tips Menekan Risiko Terinfeksi Omicron Saat Makan di Restoran

1. Jeruk

ilustrasi jeruk mandarin clementine. PIXABAY/HANS ilustrasi jeruk mandarin clementine.

Melansir Eatthis.com, Kamis (13/2/2020), jeruk merupakan sumber antioksidan yang penting untuk memperkuat daya tahan tubuh. Dengan daya tubuh yang kuat, buah bercita rasa asam manis ini mampu mengusir virus flu lebih cepat.

Robert G. Lahita, Direktur Institut Penyakit Autoimun dan Rematik di Saint Joseph Health sekaligus penulis Immunity Strong mengatakan, meski dapat membantu menangkal pilek, tetapi jeruk harus dihindari karena dapat memperparah salah satu gejala Omicron, yaitu sakit tenggorokan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.