Setelah Sembuh dari Covid-19, Perlukah Medical Check Up? Ini Kata Dokter


KOMPAS.com – Bagi orang yang terinfeksi virus corona, hal yang perlu diketahui tidak hanya seputar penanganan penyakit saja, tetapi perawatan setelah sembuh dari Covid-19 pun penting diperhatikan.

Terlebih, pada penyintas Covid-19 yang mengalami gejala berat ataupun pasien Long Covid-19.

Banyak masyarakat yang mungkin masih bertanya-tanya mengenai perlukah melakukan medical check up setelah sembuh Covid-19.

Kemudian, jika perlu melakukan medical check up atau pemeriksaan kesehatan apa saja yang dibutuhkan?

Dokter Spesialis Paru di Primaya Hospital Bekasi Timur dr Annisa Sutera Insani, Sp.P, menjelaskan bahwa medical check up sebenarnya tidak rutin dilakukan pada pasien yang sudah sembuh dari Covid-19.

Baca juga: Lakukan Hal Ini agar Cepat Sembuh dari Covid-19 Selama Isoman

Akan tetapi, medical check up ini digunakan untuk penyintas Covid-19 yang ingin mengetahui kondisi paru-parunya, maupun pasien post Covid-19 yang masih bergejala setelah dinyatakan sembuh.

“Yang perlu melakukan medical check-up pasien post Covid-19 yang mengalami gejala menetap, seperti batuk, sesak atau mudah lelah jika beraktivitas. Biasanya pada penyintas Covid-19 gejala sedang dan berat,” ujar Annisa saat dihubungi Kompas.com, Senin (7/3/2022).

Lebih lanjut, dr Annisa menuturkan medical check up yang diperlukan seseorang yang telah sembuh dari Covid-19 ialah pemeriksaan foto toraks untuk mengevaluasi kondisi paru-paru.

Baca juga: Sering Kelelahan Usai Sembuh dari Covid-19, Ini Saran Dokter untuk Mengatasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published.