Hati-hati, Jenis Kanker Ini Lebih Rentan Diidap Usia Muda


Jakarta

Kanker merupakan salah satu masalah kesehatan tertinggi di dunia maupun di Indonesia. Penyakit yang mematikan ini tak hanya menyerang kelompok tua atau lanjut usia (lansia), tetapi juga menyerang kelompok muda.

Salah satu jenis kanker yang rentan diidap oleh kelompok muda adalah limfoma hodgkin atau kanker yang menyerang sistem kelenjar getah bening. Berdasarkan data Cancer Statistics 2020, tercatat sebanyak 1.188 pasien baru yang terdiagnosis limfoma hodgkin di Indonesia.

Sebagian besar pasien terdiagnosis limfoma hodgkin pada rentang usia 15-30 tahun dan pada usia 55 tahun ke atas. Namun, dari kedua rentang usia tersebut, kanker ini lebih banyak diidap oleh rentang usia 15-30 tahun.

“Kelompok usia muda ini 15-30 tahun ini lebih dominan daripada usia yang lebih tua tadi. Nah, oleh karena itu, limfoma hodgkin ini sering disebut sebagai suatu kanker untuk penderita dengan usia muda,” kata dr Johan Kurnianda, SpPD-KHOM, Ketua Perhompedin (Perhimpunan Hematologi Onkologi Medik Penyakit Dalam Indonesia) Yogyakarta, dalam media briefing peringatan Hari Kanker Sedunia 2022, Selasa (15/2/2022).

“Ini memerlukan suatu penanganan yang bersifatnya khusus karena penderita dengan usianya muda itu tentu saja masih mempunyai suatu masa depan yang panjang dan penuh harapan,” terangnya.

Meskipun demikian, kanker limfoma hodgkin ini disebut memiliki tingkat kesembuhan yang tinggi. Banyak pasien limfoma hodgkin yang bertahan hidup dibandingkan pengidap jenis kanker lainnya.

Pernyataan serupa juga disampaikan oleh dr Ronald Alexander Hukom, SpPD-KHOM, MHSc, FINASIM, konsultan hematologi dan onkologi medik, Ketua Perhompedin Jakarta.

“Limfoma hodgkin ini penyakit yang harapan sembuhnya tinggi. Dulu kemoterapi untuk obat-obat kanker itu salah satu yang mendasari mengapa perkembangannya begitu maju dalam 20-30 tahun terakhir ini adalah melihat bagaimana dari pengobatan limfoma hodgkin,” kata dr Ronald.

Simak Video “Pantangan Makanan untuk Pasien Kanker Prostat
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)


Leave a Reply

Your email address will not be published.