Berkat Transplantasi Sel Punca, Wanita Ini Berhasil Sembuh dari HIV


Jakarta

Seorang pasien di Amerika Serikat (AS) dilaporkan menjadi wanita pertama yang berhasil sembuh dari infeksi human immunodeficiency virus (HIV) usai menjalani transplantasi sel punca. Ia bisa bebas dari HIV tanpa memerlukan terapi obat antiretroviral.

Penyandang HIV sendiri sebagian besar membutuhkan terapi antiretroviral untuk menekan penyakitnya. Terapi obat harus dikonsumsi secara rutin agar virus di dalam tubuh tidak berkembang.

Namun apa yang terjadi pada pasien wanita dari AS tersebut adalah HIV-nya bisa tidak terdeteksi selama 14 bulan tanpa bantuan obat-obatan. Sang pasien diketahui sebelumnya menjalani transplantasi sel punca dari darah tali pusat sebagai bagian dari terapi kanker leukemia.

Menurut ahli kemungkinan yang terjadi adalah sang wanita mendapat sel punca dari donor dengan kekebalan alami terhadap HIV.

“Ini menjadi kasus ketiga HIV yang dilaporkan sembuh usai transplantasi sel punca, dan yang pertama pada wanita dengan HIV,” kata Ketua International AIDS Society, Sharon Lewis, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (16/2/2022).

Dua kasus serupa sebelumnya pernah dilaporkan terjadi pada pasien pria.

Simak Video “Apa Kaitannya HIV/AIDS dengan Varian Omicron?
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)


Leave a Reply

Your email address will not be published.