Bagi Penderita Diabetes, Ini 10 Minuman Terbaik yang Bisa Dikonsumsi


KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Bagi para penderita diabetes, setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh harus diseleksi dengan baik. Demikian pula halnya dengan minuman.

Mengutip Healthline, American Diabetes Association (ADA) merekomendasikan minuman nol kalori atau rendah kalori untuk penderita diabetes. 

Alasan utamanya adalah untuk mencegah lonjakan gula darah. Memilih minuman yang tepat dapat membantu penderita diabetes untuk: 
– Menghindari efek samping yang tidak menyenangkan, seperti lonjakan gula darah 
– Mengelola gejala diabetes
– Menjaga berat badan terkendali 

Berikut macam minuman terbaik untuk penderita diabetes yang direkomendasikan: 

1. Air mineral 

Mengutip Healthline, air mineral baik untuk penderita diabetes karena tidak akan meningkatkan kadar gula darah. Minum cukup air mineral dapat membantu tubuh menghilangkan kelebihan glukosa melalui urin. 

Institute of Medicine merekomendasikan pria dewasa minum sekitar 13 cangkir (3,08 liter) sehari dan wanita minum sekitar 9 cangkir (2,13 liter). 

Baca Juga: 4 Cara Menyembuhkan Diabetes Tipe 2, Salah Satunya Dengan Mengubah Gaya Hidup

2. Air seltzer 

Mengutip Healthline, air seltzer adalah minuman alternatif berkarbonasi yang bebas gula. Seperti air biasa, air seltzer bebas kalori, karbohidrat, dan gula. 

Air berkarbonasi adalah cara yang bagus untuk tetap terhidrasi dan mendukung kadar gula darah yang sehat. Ada banyak rasa dan varietas yang berbeda untuk dipilih. Kita juga dapat mencoba menambahkan beberapa buah dan rempah segar untuk memberi minuman berasa sesuai selera. 

3. Teh 

Mengutip Healthline, menurut riset teh, memiliki efek positif pada kesehatan tubuh, termasuk untuk penderita diabetes. Macam-macam teh meliputi: 
– Teh hijau 
– Teh hitam 
– Teh putih 
– Teh oolong

Baca Juga: Kenali 7 Manfaat Mengkonsumsi Bawang Merah Bagi Kesehatan Tubuh

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie


Leave a Reply

Your email address will not be published.