8 Gejala Omicron Ini Masih Bisa Dirasakan Orang yang Sudah Divaksin


Jakarta

COVID-19 Omicron mampu menghindari antibodi sehingga dapat menyebabkan infeksi bahkan pada orang yang sudah divaksinasi. Peneliti melihat setidaknya ada 8 gejala yang umum dirasakan.

Dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal Eurosurveillance, gejala Omicron yang paling banyak dirasakan individu yang sudah divaksin adalah:

  1. Batuk
  2. Hidung meler
  3. Kelelahan
  4. Sakit tenggorokan
  5. Sakit kepala
  6. Nyeri otot
  7. Demam
  8. Bersin

Peneliti berpendapat gejala yang cenderung ringan tersebut kemungkinan muncul karena efek perlindungan dari vaksin. Jadi meskipun seseorang terinfeksi, gejalanya lebih ringan bila dibandingkan orang yang tidak atau belum vaksinasi.

Bila seseorang mengalami dua dari delapan gejala yang umum tersebut, disarankan melakukan pemeriksaan karena bisa jadi terinfeksi Omicron.

Omicron Pada Orang yang Belum Vaksinasi

Ketua Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), dr Erlina Burhan, SpP(K), menjelaskan untuk orang yang belum divaksinasi gejala Omicron bisa jadi lebih berat hingga berisiko kematian. Ia menegaskan ini berlaku terutama pada kelompok rentan, seperti lansia atau pengidap komorbid.

“Ringan itu berlaku untuk orang yang imunitasnya bagus dan sudah divaksin. Tapi nggak berlaku untuk orang belum divaksin atau lanjut usia. Apalagi sudah lanjut usia, belum divaksin, banyak komorbid. Ini adalah hal yang harus kita waspadai,” kata dr Erlina beberapa waktu lalu.

Simak Video “Dokter Beberkan Gejala Covid-19 yang Kini Sering Muncul Pada Anak
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)

Leave a Reply

Your email address will not be published.