5 Cara Mengeluarkan Dahak Membandel, Efektif Bikin Tenggorokan Lega


KONTAN.CO.ID – Dahak membandel terkadang sangat mengganggu dan membuat tenggorokan terasa gatal, mengganjal bahkan sakit. Namun, jangan khawatir ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengeluarkan dahak. 

Apa itu dahak? Dahak adalah cairan kental dan lengket yang menggantung di belakang tenggorokan. 

Pada dasarnya dahak berfungsi untuk melindungi selaput lendir agar tidak kering. Namun, terkadang produksi dahak bisa meningkat di beberapa kondisi tertentu. 

Baca Juga: Kenali 7 Manfaat Mengkonsumsi Bawang Merah Bagi Kesehatan Tubuh

Hal tersebut disebabkan oleh adanya gangguan kesehatan yang membuat dahak menumpuk dan membuat tenggorokan tidak nyaman. Gangguan kesehatan tersebut seperti pilek, alergi, asam lambung naik dan gangguan lain terkait pernapasan. 

Melansir dari Healthline ada beberapa cara mengeluarkan dahak agar tenggorokan bisa kembali lega dan nyaman. Simak beberapa cara berikut ini: 

1. Gunakan Humidifier 

Cara mengeluarkan dahak bisa dengan menggunakan humidifier atau pelembap udara. Kendati demikian, melembabkan udara di sekitar Anda dapat membantu mengencerkan lendir. 

Selain dapat mengeluarkan dahak, humidifier juga dapat membantu udara menjadi lebih bersih sehingga baik untuk kesehatan. 

2. Menjaga Cairan Tubuh

Menjaga cairan dalam tubuh terutama minum air hangat dapat membantu menghilangkan dahak. Air hangat dapat mengendurkan dahak membandel sehingga dapat membuat tenggorokan menjadi lebih nyaman.

3. Konsumsi Bahan Alami yang Baik Untuk Pernapasan

Mengkonsumsi bahan alami yang baik untuk pernapasan juga mampu membantu mengeluarkan dahak. Anda bisa mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung jahe, lemon atau bawang putih.

Selain itu makanan pedas dari cabai juga dipercaya dapat mengencerkan dahak.

Baca Juga: 9 Manfaat Melon Bagi Kesehatan, Bisa Bantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

4. Berkumur Air Garam

Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu mengeluarkan dahak yang menempel di bagian belakang tenggorokan Anda. Bahkan dapat membunuh kuman dan meredakan sakit tenggorokan Anda.

5. Gunakan Minyak Kayu Putih

Menggunakan minyak esensial kayu putih dapat mengeluarkan dahak dan lendir di dada. Selain itu, cara mengeluarkan dahak satu ini juga mempunya manfaat dapat meredakan batu dan pilek sekaligus.

Demikian beberapa cara mengeluarkan dahak yang bisa Anda coba. Jika dahak masih sulit untuk dihilangkan cobalah untuk konsultasi ke dokter atau tenaga medis terdekat. 


Leave a Reply

Your email address will not be published.