Sudah membuat daftar target untuk tahun 2016 ini? Jangan lupa masukkan kata ‘sukses’ di nomor urut pertama, karena sukses akan menjadi obat dari kegagalan yang kamu alami di tahun lalu.

Namun memang, bangkit dari kegagalan tidak semudah teori yang tertulis di buku motivasi atau artikel inspirasi. Sebab untuk memberanikan diri meninggalkan masa lalu, dibutuhkan mental yang kuat dari dalam diri sendiri.

Dalam berbisnis, gagal menjadi elemen yang selalu siap menghampiri semua orang. Namun, kita tidak sadar bahwa hal mendasar pertanda datangnya kegagalan, biasanya sudah ada di hadapan kita. Namun kegagalan atau kesalahan dalam mengambil langkah atau membuat keputusan itu, janganlah menjadi alasan untuk merasa malu kepada diri sendiri.

Anggaplah kegagalan sebagai hal yang biasa. Perhatikan tujuh hal di bawah ini, agar kamu bisa membalikkan momen kegagalan, menjadi kesuksesan yang nyata.

Kesalahan bukan masalah, tidak belajar dari kesalahan barulah jadi masalah

Kenali masalah yang kamu temui, dan cepatlah belajar dari situ. Mereka yang telah merasakan kesuksesan mengambil banyak hal dari kegagalan. Namun tidak ada yang dapat menjabarkan apa saja yang telah dilaluinya, selain dirinya sendiri. Belajar untuk gagal merupakan salah satu cara untuk dapat mengidentifikasi masalah, sebelum masalah itu datang menghampiri.

Kontrol kata hati, hanya kamu yang dapat mendengarnya

Setelah menemui momen kegagalan, biasanya kita begitu dekat dengan momen berbicara pada diri sendiri, yang kemudian malah justru menjatuhkan kepercayaan diri. Kontrol suara-suara dalam pikiranmu. Jauhkan perasaan minder atau kecewa pada diri, agar kamu dapat melakukan berbagai hal positif untuk kembali di jalur menuju suksesmu.

Lakukan hal besar dengan ketidaksempurnaan, lebih baik dari pada tidak melakukan apapun

Tidak melakukan hal apa pun adalah kegagalan yang paling nyata, bahkan mempertaruhkan eksistensi kamu dalam jalur menuju sukses. Saat itulah, kamu hanya terpaku diam di tempat, dengan pikiran yang dipenuhi dengan kesedihan.

Kamu adalah produk masa lalumu, namun jangan biarkan masa lalu menentukan siapa dirimu

Walaupun mungkin pernah terjadi hal yang menurutmu buruk di masa lalumu, atau masa lalumu mungkin tidak seperti yang kamu harapkan, kamu tidak akan pernah tahu bahwa masa depanmu nanti mungkin saja akan jauh lebih baik. Walaupun terkadang kita malu untuk membicarakan kegagalan di masa lalu, namun tetaplah tegakkan dagumu dan ucapkan dalam hati bahwa kamu berani mengalahkan masa lalumu. Dengan begitu, dirimu yang lebih baik akan menjadi tuntunan menuju kesuksesan.

Ketakutan terhadap kegagalan adalah musuh utama kesuksesan

Bukan kegagalan yang menjadi bahaya yang ditakuti, namun ketakutan tersebut yang harus diwaspadai, karena dapat membuatmu tidak melakukan apapun. Tidak melakukan apapun, akan menghalangi ide pemecahan masalah, serta kembalinya kamu ke jalur bisnismu. Alhasil, jalan menuju kesuksesan itu juga akan semakin berliku.

Perilaku konsisten kamu, akan berbuah hasil yang konsisten juga

Teruslah berusaha, lakukan segala hal secara bertahap dan terencana, namun mengarah kepada target kesuksesan yang kamu tuju. Konsisten artinya kamu melakukan banyak hal untuk melatih dirimu menemukan jalan kesuksesan terbaik, sehingga kamu akan menjadi semakin ahli dalam menjalanin bidang bisnis yang kamu lakukan.

Kamu tidak akan dapat bisa melakukan segala hal sendiri

Walaupun kamu adalah seorang pemegang jabatan tertinggi di sebuah perusahaan sekalipun, kamu tetap memerlukan tim untuk mewujudkan cita-citamu untuk sukses. Tim akan saling melengkapi, mendukung, dan memberikan masukan di setiap hal yang kamu lakukan. Kondisi terburuk ialah saat kamu berpikir kegagalanmu adalah ulahmu sendiri dan harus kamu selesaikan dengan sendiri juga. Jangan ragu untuk temukan mentor yang tepat untuk menengahkanmu dalam mengambil keputusan. (KA)