Memahami emosi diri dan orang lain serta mampu menilai kekuatan dan kelemahan diri sendiri adalah tanda kamu punya kecerdasan emosional yang baik.

Kecerdasan emosional adalah “sesuatu” dalam diri kita yang tidak berwujud dan berkaitan dengan cara kita mengelola perilaku. Sifat ini sulit untuk diukur, sehingga kita bisa kesulitan untuk memperbaikinya jika ada yang kurang. Berikut ini adalah tanda-tanda bahwa kamu memiliki EQ yang tinggi.

1. Kamu bisa mengidentifikasikan emosi

Semua orang memiliki emosi. Namun, emosi yang tidak dilabeli dan sering salah dipahami, akan mengarah pada pilihan irasional dan tindakan kontraproduktif. Orang-orang dengan kecerdasan emosional yang tinggi tidak hanya mampu menguasai emosi mereka karena mereka memahaminya, tapi mereka juga kosakata yang luas untuk menggambarkan perasaannya.

Ketika merasa buruk, orang yang cerdas secara emosional dapat menentukan secara spesifik apakah mereka merasa mudah marah, frustrasi, atau cemas. Semakin spesifik pilihan kata kamu, semakin baik wawasan yang kamu miliki tentang bagaimana perasaanmu. Dengan begitu, ketika perasaan itu muncul kamu tahu apa penyebabnya dan apa yang harus kamu lakukan untuk mengatasinya.

2. Memiliki rasa ingin tahu tentang orang lain

Tidak masalah jika mereka introvert atau ekstrovert, orang yang cerdas secara emosional punya rasa ingin tahu tentang orang-orang yang ada di sekitar mereka. Keingintahuan ini adalah hasil dari empati, yang merupakan salah satu gerbang paling signifikan menuju EQ yang tinggi. Semakin kamu  peduli dengan orang lain dan apa yang mereka alami, semakin kamu ingin tahu tentang mereka.

Next: Menerima perubahan