Kamu telah membuat rencana anggaran keuangan tapi pengeluaranmu tetap membengkak? Mungkin ada yang salah dengan caramu berhemat.

Berhemat memang tidak mudah. Karena pada dasarnya manusia senang belanja. Selain itu, menjadi konsisten berhemat juga tidak mudah. Misalnya saja, kamu sudah menganggarkan untuk tidak ke pesta bulan ini, tapi karena ajakan teman tentunya akan sulit untuk menolak ajakan tersebut.

Jika kamu menolak ajakan tersebut, kamu akan merasa tidak enak kepada temanmu. Akhirnya kamu menerima ajakan tersebut walaupun harus memaksakan diri. Hal ini tentunya akan membuat kamu mengeluarkan anggaran lain di luar anggaran yang telah kamu tentukan di awal.

Bagaimana cara untuk berhemat dengan ideal? Berikut adalah 7 cara yang akan membantu kamu berhemat tanpa harus membuat kamu merasa tercekik.

1. Anggaplah berhemat sebagai tantangan yang harus ditaklukan 

Pada dasarnya manusia senang dengan tantangan. Coba tantang diri kamu untuk berhemat. Jika kamu bisa berhemat, anggap itu sebagai sebuah keberhasilan. Mulailah ubah sikap kamu dari sekarang. Sukailah proses dari berhemat tersebut. Karena kamu sendiri yang memegang kendali terhadap keputusan dan apa pun yang kamu lakukan.

2. Buatlah alasan berhemat

Tanpa alasan yang kuat, kamu akan merasa berhemat tidak ada gunanya. Mengapa kamu berhemat? Apakah ada tujuan yang ingin kamu capai? Buatlah alasan yang realistis mengapa kamu harus berhemat. Apakah untuk membeli barang impian, melunasi utang, biaya menikah atau apa pun. Ketika kamu membuat sebuah alasan, tulislah. Kemudian tanamkan alasan dan tujuan itu dalam kepalamu, dan ulangi alasan tersebut setiap kali kamu ingin mengeluarkan uang.

Next: Tetapkan tujuan jangka panjang yang spesifik