Perkataan pedas dari seorang pemimpin tidak hanya bisa menghancurkan harga diri seorang karyawan tapi juga bisa menurunkan produktivitasnya.

Banyak orang yang dipromosikan ke level manajerial berdasarkan kinerjanya sebagai individu bukan karena kemampuan alami mereka untuk memimpin secara efektif. Sehingga banyak manajer yang tidak bisa memotivasi dan menginspirasi timnya. Mengucapkan kata-kata yang salah sangat mungkin bisa menghancurkan tim yang kamu punya. Karena itu kata-kata pedas yang digunakan untuk menyerang karyawan bisa meningkatkan stres, hingga menurunkan produktivitas mereka.

Ini 5 kalimat yang tidak akan kamu dengar dari para pemimpin besar

1. Saya tidak membutuhkan pendapat siapa pun, pokoknya ini tujuan yang harus dicapai!

Kamu tidak akan mendengar kalimat ini diucapkan oleh bos yang baik. Pemimpin yang baik akan mengutamakan timnya terlebih dulu. Mereka mencari beragam sudut pandang dari banyak orang. Ketika situasi sulit datang, mereka akan berbicara dengan orang-orang lintas bagian untuk mendapat kejelasan dan menentukan tindakan yang paling tepat. Ketika mereka membuat sebuah keputusan, walaupun mungkin tidak popular adalah keputusan yang benar karena mereka mendengarkan banyak pendapat dari pikiran-pikiran jernih yang dimiliki timnya.

2. Saya tidak bertanggung jawab untuk hal itu, salahkan saja pihak lain.

Pemimpin yang baik tidak akan menyalahkan orang lain hanya untuk melindungi dirinya sendiri dengan berbagai cara. Mereka menerima bahwa mereka tidak sempurna dan bisa saja melakukan kesalahan. Jadi, ketika mereka membuat kesalahan, maka mereka akan mengakuinya. Ketika seorang pemimpin berlaku seperti ini maka karyawan tidak akan takut melakukan hal yang berisiko. Karyawan pun juga akan terbuka ketika mereka membuat kesalahan mereka sendiri.

Next: Saya tidak perlu diajarkan karena saya telah mengetahui segalanya