Mengevaluasi pengeluaran 

Ketika kamu telah memulai metode Kakeibo, maka hal dasar yang perlu kamu lakukan adalah dengan melihat kembali pengeluaran yang telah kamu lakukan selama memulai metode ini. Review pengeluaran ini bisa kamu lakukan baik secara mingguan ataupun bulanan, tergantung dari seberapa besar dedikasimu untuk mulai berhemat dengan Kakeibo.

Pada awal bulan, usahakan untuk memasukkan uangmu pada amplop yang telah diberi label secara terpisah, seperti amplop khusus anggaran harian, hobi, opsional dan anggaran ekstra. Pada akhir minggu atau bulan, cobalah untuk melihat kembali amplop tersebut. Jika masih tersisa, berarti tahap kamu untuk berhemat sudah berhasil. Namun, jika kamu mengalami defisit maka kamu harus mengulangi metode Kakeibo ini di minggu atau bulan selanjutnya dengan lebih baik lagi.

Catatlah setiap pengeluaran yang kamu lakukan selama melakukan metode ini, ketika kamu mengalami defisit maka kamu akan mengetahui ke mana uang tersebut pergi. Ini akan lebih memudahkan kamu untuk tidak mengulanginya di minggu atau bulan selanjutnya.

Next: Memahami arti keharusan dan keinginan