Ingin keuanganmu lebih sehat? Coba terapkan Kakeibo, metode mengatur keuangan ala Jepang.

Membahas tentang berhemat, tentunya kamu sudah tidak asing lagi deng kekuan mengatur keuangan dengan baik dan detail. Berbagai cara dilakukan untuk mulai berhemat, mulai dari mengurangi intensitas berbelanja hingga makan di restoran. Bagi sebagian orang, berhemat dengan cara seperti ini cukup sulit dilakukan terutama untuk orang yang konsumtif. Mereka membutuhkan metode khusus untuk mulai berhemat.

Kakeibo, metode berhemat ala masyarakat Jepang ini perlu kamu coba jika ingin berhemat dengan ideal tanpa merasa terbebani. Bagi masyarakat Jepang, membuat budgeting journal bukanlah sesuatu hal yang baru. Karena, masyarakat Jepang terbiasa untuk mengatur segala hal dengan detail. Nah, untuk kamu yang ingin berhemat namun mengalami kesulitan karena kebiasaan konsumtif, cobalah untuk memulai berhemat dengan jurus Kakeibo.

Sebelum memulai metode ini, tanyakan terlebih dahulu pada dirimu tentang empat hal ini. Berapa uang yang kamu miliki, yang ingin kamu sisihkan, yang kamu habiskan dan bagaimana kamu meningkatkan keuanganmu? Jika kamu sudah mendapatkan jawaban atas empat pertanyaan di atas, maka kini saatnya kamu mulai menjalankan metode awal dari Kakeibo.

Bagi rencana keuangan menjadi empat kategori

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan dengan membagi rencana keuanganmu menjadi empat kategori. Mulai dari Kehidupan sehari-hari seperti uang untuk membeli makanan, transportasi, biaya kesehatan, biaya sewa tempat tinggal dan lainnya. Kemudian kategorikan untuk biaya opsional seperti makan di luar, membeli pakaian dan hal-hal lain yang menyenangkan.

Selanjutnya, buatlah anggaran untuk kebutuhan hobi, seperti membeli buku atau menonton film. Terakhir adalah dengan menyiapkan biaya ekstra seperti biaya tak terduga yang bisa digunakan untuk kebutuhan-kebutuhan yang mendadak.

Next: Mengevaluasi pengeluaran